5 Fakta Unik Burung Gagak, Dianggap Pembawa Sial Tapi Burung Cerdas

Burung gagak cukup populer keberadaanya. Tampangnya agak sangat, buli bulunya hitam legam. Ada sebanyak 40 spesies gagak di seluruh dunia dan beberapa jenis habitatnya di Indonesia.

Burung gagak dalam dunia barat kerap dikaitkan dengan hal buruk. Misalnya pertanda kematian, pembawa sial dan bahkan lambang ilmu hitam. Namun terlepas dari itu, ternyata burung gagak punya fakta fakta unik berikut ini yang dikutip dari Faunanesia.

1. Burung gagak sangat cerdas

Fakta burung gagak pertama dalam daftar ini, adalah burung yang dinilai sangat cerdas dalam dunia burung. Konon rasio massa otak dan tubuh burung gagak yaitu 2,7 persen dan itu lebih besar dari manusia yang cuma 1,9 persen.

Ini artinya jika ukuran tubuh gagak seukuran tubuh manusia, maka otak mereka dapat lebih besar dibanding otak manusia.

Cerdasnya burung gagak terbukti dari suatu penelitian. burung gagak dapat membuat serta memakai alat untuk mengambil makanan. Tak cuma itu, untuk sejumlah spesies burung gagak bahkan mengetahui cara baca lampu lalu lintas.

2. Burung Gagak punya logat berbeda di setiap habitat

Fakta burung gagak unik kedua dalam daftar ini, adalah burung gagak punya logat berbeda di setiap habitatnya. Mereka punya logat bahasa dan aksen masing masing dan dapat menyesuaikan diri dengan aksen lain dimana mereka berada. Sangat unik, seperti manusia yang logat dan aksen bahasanya beda beda tiap daerah.

3. Burung Gagak Bisa tirukan suara manusia seperti kakatua dan burung beo

Fakta burung gagak lainya adalah dapat menirukan suara manusia, seperti burung kakatua dan burung beo. Bahkan burung gagak yang dipelihara dapat menirukan suara lain selain suara manusia. Seperti suara hewan lain, suara mobil, suara toilet dan banyak lagi, luar biasa.

4. Burung Gagak berbakti kepada Orang Tua dan Sayang Keluarga

Fakta burung gagak berikutnya, ternyata burung ini berbakti kepada orang tua dan sayang keluarga. Gagak sering bawa makanan ke sarang untuk orang tuanya dan melindungi dari serangan predator.

Burung ini juga bawa makanan ke sarang buat adiknya yang baru saja menetas. Pada jenis burung lain, biasanya hal ini dilakukan oleh induknya.

Gak cuma itu, gagak juga ternyata bisa berbakti kepada orangtua lho! Selain untuk adik-adiknya, gagak juga bisa membawakan makanan untuk orang tuanya, dan juga menjaga sarang orangtuanya dari serangan predator. Tuh kan, gagak aja berbakti, jadi kamu juga harus berbakti pada orangtua ya!

5. Gagak bisa punya dendam

Fakta burung gagak lainnya, ternyata dapat punya dendam. Burung cerdas satu ini konon dapat mengingat dan mengenali wajah manusia, maka ketika diganggu dia dapat balas dendam di kemudian hari jika bertemu orang tersebut.

Hal ini pernah dilakukan uji coba ilmuwan. Yakni seseorang yang memperlakukan seekor gagak dengan perlakuan tak baik, gagak itu dapat menyerang pelakunya hingga ajak teman temanya ikut menyerang.

Bahkan hingga 7 tahun kemudian, gagak tersebut masih kenal pelaku dan menyerangnya dibantu teman temanya.  Maka dari itu, jangan melakukan hal buruk pada burung gagak.

Nah itulah tadi 5 fakta burung gagak yang meski kerap dianggap pembawa sial, pertanda kematian dan simbol ilmu hitam serta hal buruk lain. Ternyata burung gagak adalah burung cerdas dan unik.