Yuk Simak Manfaat Sungai Bagi Masyarakat Banjarmasin

Sebagai tempat yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat, menjadikan sungai penting untuk dijaga. Hal ini juga terjadi di wilayah Banjarmasin. Manfaat sungai bagi masyarakat Banjarmasin adalah digunakan untuk berbagai keperluan. Tidak hanya itu, batang air ini juga menjadi salah satu fasilitas terpenting bagi penduduk setempat.

Fungsi Sungai di Banjarmasin

  1. Sebagai sarana Transportasi

Salah satu kegunaan batang air bagi warga Banjarmasin adalah digunakan sebagai sarana transportasi. Kota Banjarmasin ini termasuk salah satu kota yang memiliki banyak sungai. Batang Air di Banjarmasin tidak hanya digunakan untuk mandi, cuci dan kakus, telah berkembang menjadi salah satu sarana transportasi yang paling efektif dan tidak padat.

  1. Sebagai Perairan dan Irigasi

Batang air ini tidak hanya digunakan sebagai sarana transportasi, tetapi juga untuk berbagai keperluan. Salah satu hal terpenting dalam pemanfaatan sungai Banjarmasin adalah pengairan dan pengairan, yang terutama dilakukan di daerah pertanian khusus dan digunakan sebagai salah satu keunggulan utama.

  1. Sebagai Tempat Wisata

Selanjutnya, manfaat sungai bagi masyarakat banjarmasin adalah sebagai salah satu tempat destinasi wisata yang sangat menarik bagi wisatawan. Banyaknya batang air yang sangat panjang dan lebar, memberikan alternatif bagi penduduk setempat untuk membuka destinasi dengan menyewakan perahu untuk menyusuri sungai.

Sungai memang memberikan banyak sekali keuntungan bagi manusia. Tidak hanya sebagai sumber mata air, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 3 hal yang telah disebut merupakan bentuk pemanfaatan utama yang dilakukan oleh warga setempat untuk terus menyambung hidup.