Yuk Kenali Tata Cara Sholat Malam dan Doa Tahajud

Saat berdoa terdapat beberapa adab yang harus diperhatikan. Salah satu adab tersebut adalah memilih dan memperhatikan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa. Hal tersebut bertujuan supaya doa yang dipanjatkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Adapun waktu istimewa untuk memanjatkan doa yakni pada sepertiga malam. Yuk simak doa tahajud beserta tata caranya disini!

Tata Cara Membaca Doa Pada Saat Sholat Tahajud

Sholat malam atau biasa dikenal dengan sebutan sholat tahajud merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari, tepatnya di sepertiga malam hingga menjelang waktu subuh. Dengan melakukan sholat tahajud dan memanjatkan doa di waktu tersebut, Allah dapat dengan mudah untuk mengijabahi dan mengabulkan doa tersebut.

Sebelum melakukan sholat malam, akan lebih baik jika anda mengetahui tata cara membaca doanya. Tata cara pertama yang harus anda lakukan adalah membaca lafadz niat, yang berbunyi “ Ushalli sunnatan tahajudi ra’ ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ ala”. Setelah membaca niat, anda dapat melakukan shalat 2 rakaat dengan dua rakaat sujud dan satu kali salam.

Setelah melakukan sholat tahajud, anda dapat memanjatkan doa dengan membaca doa rasulullah yang diriwayatkan oleh bukhari dan muslim”. Setelah membaca doa setelah sholat malam, akan lebih baiknya jika anda melakukan dzikir dengan membaca istighfar, tahmid, tasbih, dan takbir.

Dengan melakukan sholat tahajud dan membaca doa setelah sholat malam secara rutin dengan niat karena Allah dapat mendatangkan pahala yang berlimpah.  Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat menjadikan anda termotivasi untuk melakukan sholat sunnah malam dan dapat menambahkan tingkat keimanan anda kepada Allah SWT.