Yuk Kenalan dengan Ragam Corak Batik Sunda Khas Jawa Barat

Batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia. Masing masing daerah di Indonesia sendiri mempunyai ragam corak batik yang berbeda antara satu ama lain, seperti halnya batik Sunda. Ragam corak batik ini bisa anda lihat di kawasan Jawa Barat, mengingat bahwa suku Sunda banyak tersebar di provinsi tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

Ragam Corak Batik dari Jawa Barat

  1. Batik Jawa Barat Megamendung

Batik Jawa Barat megamendung sesuai dengan namanya memiliki motif yang bentuknya seperti awan. Corak batik ini bisa ditemukan di daerah Cirebon, dan biasanya tampil dengan warna warna cerah. Warna cerah yang digunakan sendiri terpengaruh oleh letak geografis Cirebon, yang tidak jauh dari pantai. Awan digambarkan sebagai bentuk pemberi kehidupan dan pembawa kesuburan dalam coraknya.

  1. Batik Cianjur

Jika batik megamendung menggambarkan awan yang merepresentasikan pembawa kesuburan, batik Cianjur merepresentasikan hasil pertanian. Motif yang terkenal umumnya bernuansa tumbuhan, dan terdapat sentuhan motif bulir padi serta warna hijau pada coraknya. Pertanian sendiri memang berkesinambungan dengan kehidupan agraris masyarakatnya.

  1. Batik Ciamis

Motif batik ciung wanara, galuh pakuan, dan batu hiu merupakan corak yang terkenal dari daerah Ciamis. Ketiga motif tersebut menggambarkan mengenai kerajaan Galuh, yang pernah berjaya pada masanya di Jawa Barat. Motif Galuh Pakuan terinspirasi dari gagang keris Raja Galuh, motif batu hiu dari peristiwa Pangandaran, dan ciung wanara dari sejarah perebutan kekuasaan di Ciamis.

Itulah beberapa corak batik yang terkenal dari masyarakat Sunda atau di daerah Jawa Barat. Secara umum, motifnya sendiri memang lebih banyak dipengaruhi oleh kehidupan masyarakat setempat dalam bidang sosial sehari hari maupun bidang ekonomi. Selain itu, percampuran dari masa kerajaan zaman dulu juga memberi banyak pengaruh terhadap penggambaran coraknya.