5 Alasan Kenapa Anda Harus Liburan ke Wisata Kalibiru Kulon Progo

Walaupun selalu menjadi daftar tujuan liburan, Jogja sampai saat ini tidak pernah sepi. Setiap wilayahnya selalu menarik untuk dikunjungi, seperti misalnya kawasan Kulon Progo. Ada banyak destinasi yang bisa anda temukan di kawasan ini, salah satunya Wisata Kalibiru. Menawarkan panorama indah, berikut alasan mengapa anda harus singgah ke wisata hits ini.

Alasan Anda Harus Liburan Ke Kalibiru di Kulon Progo

  1. Pemandangan Yang Menawan

Daya tarik utama wisata hits Kulon Progo ini adalah pemandangan yang disuguhkan. Dengan mengunjungi wisata ini, anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian yang mengagumkan. Kehadiran menara pandangnya lah yang akan membuat pengunjung lebih leluasa. Perbukitan yang bersanding dengan Waduk Sermo dari jauh begitu eksotis.

Waduk Sermo sendiri merupakan bendungan paling besar yang ada di Jogja. Jajaran pegunungan Menoreh juga tampak begitu cantik dari atas Kalibiru. Menara pandang ini dibangun di atas pohon pinus lengkap dengan tangga gantung dan papan kayu. Tak heran jika banyak yang mengabadikan momen ketika berada di Kalibiru Kulon Progo ini.

  1. Sunsetnya Jadi Favorit

Selain pemandangan pada siang hari, banyak juga wisatawan yang berburu sunset di Kalibiru. Karena panorama matahari terbitnya memang termasuk yang terbaik. Suasananya akan terasa lebih romantis, dengan cahaya kekuningan yang mengundang decak kagum. Sebenarnya panorama matahari tenggelam juga tidak kalah cantik dan banyak juga yang memburunya.

Apalagi jika anda menikmati pesonanya dari atas gardu pandangnya. Tidak ada penghalang yang bisa menutupi panorama mengagumkan ini. Anda bisa melihat cahaya matahari yang membuat perairan Waduk Sermo tampak kekuningan. Dengan pesona ini, banyak yang rela datang pagi hari untuk mengambil foto dan menikmati pemandangan yang tak terlupakan.

  1. Tawarkan Aktivitas Menantang

Di Wisata Kalibiru anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan indah. Tetapi juga bisa menjajal aktivitas menantang seperti outbound ataupun high rope. Untuk aktivitas outboundnya yang paling terkenal adalah flying foxnya. Anda bisa meluncur dari atas ketinggian tertentu sekaligus menikmati indahnya lukisan alam yang disajikan di depan mata anda.

Selain flying fox ada juga high rope yang tak kalah menantang adrenalin. Dengan High Rope anda akan menyeberangi jembatan dari kayu dan tali. Pijakannya di susun dari kayu kecil juga tali, anda bisa berpegang pada tali tambang yang ada. Tenang saja semua aktivitas yang menantang ini sudah dilengkapi dengan peralatan yang keamanannya terjamin.

  1. Tawarkan Aktivitas Trekking

Bagi anda yang suka aktivitas outdoor, Kalibiru memang menjadi tujuan yang pas. Lokasinya di 450 mdpl, membuat wisatawan harus treking untuk menuju puncaknya. Medannya terbilang aman dengan jalan setapak yang memandu anda sampai puncak. Sepanjang perjalanan, kanan kirinya juga dilengkapi hutan lebat yang menyejukkan mata.

  1. Cocok Untuk Melepas Penat

Tidak hanya berada di ketinggian, daerah Kalibiru juga berada di pedesaan. Sehingga suasananya tenang dan udaranya juga sejuk. Menjadikan Kalibiru sangat cocok untuk anda yang ingin melepas penat. Kendati demikian, fasilitas yang dihadirkan sudah lengkap. Anda bisa menemukan toilet, area parkir, warung makan sampai dengan homestay untuk pengunjung menginap.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi nya, anda tinggal menuju ke Desa Hargowilis di Kulon Progo. Paling tepat mengunjunginya ketika musim penghujan, karena pepohonannya terlihat hijau. Apabila ingin liburan lebih praktis, anda bisa andalkan paket wisata jogja 2022. Yang biasanya akan menawarkan banyak tujuan liburan dengan paket paket ramah kantong.