Wajib Anda Ketahui, Berikut penyebab bayi keracunan air ketuban

Ketika mengandung, kesehatan bayi tentunya menjadi suatu hal yang perlu untuk diperhatikan. Pasalnya, berbagai masalah juga sering dialami oleh ibu hamil pada saat mengandung. Masalah yang kerap muncul yaitu pada saat bayi mengeluarkan feses pertamanya, dan dapat menyebabkan keracunan. Yuk simak informasi mengenai penyebab bayi keracunan air ketuban disini!

Mengapa Bayi Bisa Keracunan Air Ketuban?

Sebagai orang tua, memahami segala hal yang dapat mengganggu kesehatan bayi sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu hal yang perlu diketahui yakni mengenai aspirasi mekonium. Sindrom aspirasi mekonium merupakan sebuah kejadian dimana bayi meminum air ketuban yang mengandung mekonium.

Mekonium sendiri adalah feses atau kotoran pertama bayi yang keluar saat baru dilahirkan. Umumnya, feses tersebut sudah mulai dihasilkan oleh usus pada saat sebelum bayi dilahirkan. Hal tersebut sebenarnya merupakan suatu hal yang wajar. Akan tetapi, jika bercampur dengan air ketuban didalam kandungan dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan bayi.

Jadi, keracunan pada bayi dapat terjadi  jika bayi tersebut meminum air ketuban yang mengandung mekonium, baik itu saat sebelum, selama, maupun pasca kelahiran. Kondisi seperti ini juga sering dikenal dengan sebutan meconium aspiration syndrome (MAS) atau sindrom aspirasi.

Singkatnya, penyebab bayi keracunan tidaklah hanya berasal dari terminumnya air ketuban saja, melainkan air ketuban yang diminum telah terkontaminasi dengan mekonium. Adanya informasi di atas semoga dapat memberikan anda sebuah wawasan mengenai penyebab bayi yang keracunan. Sehingga, anda tidak salah persepsi lagi terhadap air ketuban.