Usaha Minuman Modal Kecil

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang prospektif, termasuk bisnis minuman ringan. Pasalnya, makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok bagi semua orang. Karena hal inilah bisnis kuliner tak akan pernah mati. Salah satunya adalah bisnis minuman modal kecil kekinian.

Tips Usaha Minuman Modal Kecil

Untuk memulai usaha minuman modal kecil kekinian ini, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  1. Cari bahan baku murah tapi berkualitas

Kualitas dari produk minuman Anda sangat ditentukan dari bahan bakunya. Oleh karena itulah meski harga jualnya terjangkau dan menyesuaikan dengan daya beli konsumen, Anda tetap harus menggunakan bahan baku berkualitas baik untuk produk minuman Anda. Dengan begitu, konsumen pun akan percaya dengan produk Anda.

Bahan baku berkualitas baik tidak harus mahal. Ada juga bahan yang murah dan berkualitas baik. Namun untuk mendapatkan bahan baku tersebut, Anda harus mencari supplier yang tepat dan terpercaya.

Meski begitu, supplier yang menawarkan bahan baku berkualitas baik dengan harga murah saja tidak cukup. Anda juga harus memastikan bahwa supplier tersebut dekat dengan tempat Anda. Dengan begitu, biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi bahan baku pun tidak akan membengkak.

  1. Manfaatkan media sosial untuk promosi

Media sosial populer seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan sebagainya merupakan tempat yang cocok untuk melakukan promosi. Pasalnya, Anda dapat membagikan foto bahkan video di media sosial tersebut kepada orang lain terutama kepada teman atau pengikut Anda.

Dengan cara ini, orang-orang yang berteman atau mengikuti Anda pun akan dapat melihat apa yang Anda bagikan sehingga tahu tentang bisnis minuman Anda.Namun, bukan berarti Anda dapat membagikan foto dan video tentang produk Anda dengan asal.

Agar promosi menjadi efektif, pastikan untuk membuat foto atau video produk minuman yang indah atau estetik. Meski begitu, bukan berarti Anda membutuhkan perangkat atau kamera yang mahal.

Anda dapat menghasilkan foto dan video indah menggunakan kamera ponsel dengan teknik pengambilan gambar yang sesuai. Oleh karena itulah Anda harus belajar bagaimana cara mengambil foto atau video yang baik untuk menerapkan digital marketing.

  1. Terapkan sistem pesan di muka (pre-order)

Jika Anda ingin memulai usaha atau bisnis minuman ringan tetapi hanya memiliki sedikit modal, maka Anda dapat menerapkan sistem pesan di muka alias pre-order (PO). Maksud sistem ini adalah konsumen harus memesan terlebih dahulu untuk mendapatkan produk minuman yang diinginkan.

Dibanding memproduksi minuman terlebih dahulu kemudian menjualnya, cara ini lebih minim risiko kerugiannya. Pasalnya, Anda membuat produk minuman tersebut berdasarkan permintaan konsumen.

Meski begitu, bukan berarti sistem ini tidak memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan sistem pesan di muka atau pre-order adalah jumlah konsumennya cenderung terbatas karena hanya konsumen yang sudah mengenal produk Anda saja yang kemungkinan akan memesan. Terutama pada periode awal berbisnis.

  1. Bermitra dengan layanan pesan antar

Anda juga dapat bermitra dengan layanan pesan antar seperti Grab Food, Go-Food, atau Shopee Food. Cara ini tak hanya membantu mempromosikan produk, tetapi Anda juga dapat menghemat biaya sewa lokasi usaha.

Bagi Anda yang ingin usaha minuman modal kecil, disarankan untuk menggunakan maklon minuman, yaitu suatu pihak yang menyediakan jasa untuk membuat produk.

Dengan kata lain, maklon minuman dapat membantu Anda memproduksi produk minuman yang diinginkan dengan sumber daya (alat-alat) yang mereka miliki.