Universitas Terbaik Di Arab Saudi 2021, Alumni Tokoh Terbanyak

Siapa nih yang mendambakan kuliah di Arab Saudi? Bagi mayoritas pelajar di Indonesia yang beragama Islam, Arab Saudi termasuk menjadi pilihan kuliah luar negeri. Pasalnya selain bisa menimba ilmu akademik, juga bisa sekaligus memudahkan untuk mendapatkan pengalaman napak tilas perjalanan Agama Islam.

Ada banyak tokoh di Indonesia yang juga menjadi alumni universitas terbaik di Arab Saudi, diantaranya KH Said Aqil Siradj (Ketua Umum PBNU) lulusan King Abdulaziz University, Yunahar Ilyas (pimpinan Pusat Muhammadiah) lulusan Universitas Ibnu Suud Riyadh dan masih banyak lagi.

Untuk kuliah dan menjadi lulusan universitas terbaik di Arab Saudi tentu membutuhkan sikap disiplin, keseriusan dan mental yang baik. Sehingga benar-benar bisa menyerap ilmu dan menguasai bidang yang dipelajari selama di perkuliahan. Setelah kembali ke Indonesia, pasti akan sangat dibutuhkan di berbagai tempat.

Bagi yang ingin kuliah di universitas terbaik di Arab Saudi 2021, simak artikel berikut.

King Abdul Aziz University (KAU)

King Abdul Aziz University (KAU) saat ini adalah perguruan tinggi nomor 1 di Arab Saudi, sedangkan peringkat dunia menempati urutan 109. KAU didirikan sejak tahun 1967 dan difungsikan sebagai tempat belajar hanya bagi para pebisnis saja. Baru kemudian pada tahun 1971 statusnya berubah menjadi perguruan tinggi negeri.

KUA memiliki 41 fakultas dengan kualitas pendidikan terbaik. Beberapa fakultas favorit di KUA diantaranya ilmu teknik nuklir, pertambangan dan medis. Pasalnya Arab Saudi sendiri terkenal dengan daerah yang memiliki sumber daya minyak bumi yang sangat melimpah. Jadi KUA memang kampus yang tepat bagi yang ingin belajar tentang ilmu tersebut.

KUA sebagai kampus terbaik tentu menyediakan fasilitas dan sarana pendidikan lengkap, seperti diantaranya stadion gedung olahraga, pusat konvensi, dana penelitian dan rumah sakit.

Umm Al-Qura University

Universitas Umm Al-Qura adalah termasuk salah satu 10 universitas islam terbaik di dunia. Universitas ini didirikan di bawah Kementrian Pendidikan Tinggi Arab Saudi. Kampus ini mulanya adalah Sekolah Tinggi Syariah di Mekkah yang kemudian berganti menjadi Universitas Umm Al Quro di tahun 1981.

Universitas ini memiliki banyak fakultas dan jurusan diantaranya adalah pendidikan ilmu agama islam, ilmu kesehatan, komputer dan pendidikan (guru). Universitas Umm Al Quro memiliki tiga kampus yang terletak di Aziziah sebagai kampus utama, Al Zahir kampus kedua dan Al Abdiyah sebagai kampus ketiga.

King Saud University

King Saud University merupakan kampus yang dinyatakan sebagai kampus umum atau kampus untuk pendidikan non agama. Kampus ini didirikan tahun 1957 Raja Saud bin Abdul Aziz. Kampus yang sebelumnya bernama Universitas Riyadh ini didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan tenaga kerja terampil bagi masyarakat Arab Saudi.

Berdasarkan survey, King Saud University mendapat peringkat 277 sebagai Universitas terbaik di dunia, sedangkan di daerah Arab, mendapat peringkat 1 tahun 2021 ini.

Beberapa fakultas yang tersedia di KSU adalah fakultas sains, fakultas kesehatan dan fakultas humaniora.

Bagi yang tertarik untuk mendaftar di KSU, di tahun pertama Anda akan menjalani masa kuliah dengan ilmu dasar seperti mempelajari ilmu bahasa inggris, mahasiswa dan belajar tentang melakukan penelitian dan membuat makalah. Sebab ilmu ini penting nantinya untuk memudahkan Anda belajar dan membuat karya ilmiah yang dibutuhkan selama perkuliahan.

Jika Anda tertarik untuk masuk ke KSU, juga bisa menggunakan jalur beasiswa yang informasinya bisa Anda dapatkan dari PPMI (Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia).