Tidak Perlu Cemas Ini Cara Agar Bayi Cepat Masuk Panggul

Bayi umumnya akan lahir pada usia 36-38 minggu. Ketika melebihi HPL (Hari Perkiraan Lahir) biasanya dokter akan menyarankan ibu hamil untuk konsultasi dan melakukan tindakan agar bayi cepat masuk panggul. Untuk mencegah bayi terlambat lahir Anda bisa mengetahuinya terlebih dahulu dengan berbagai info tentang cara agar bayi cepat masuk panggul.

Bayi yang belum kunjung masuk panggul atau terlambat melahirkan masih belum diketahui penyebab pastinya. Namun, hal ini tetap saja membuat ibu hamil cemas terlebih bagi ibu hamil yang baru mengandung anak pertama.

Cara Agar Bayi Cepat Masuk Panggul Yang Tepat

Bayi yang belum juga lahir setekah empat minggu dari HPL akan menyebabkan kematian lebih besar. Risiko-risiko yang akan terjadi pun lebih besar sehingga kematian pada bayi pun juga lebih besar. Anda tidak perlu cemas, lakukan cara berikut agar bayi cepat masuk panggul:

  1. Bergerak Lebih Aktif

Memang disarankan bagi ibu hamil untuk lebih banyak gerak bagi kondisi ibu hamil yang tidak mengalami masalah dalam kehamilannya. Pasif bergerak juga berdampak pada proses persalinan karena kondisi fisik yang cepat lelah. Berbeda halnya ketika ibu hamil yang aktif bergerak yang justru memudahkan ibu hamil dalam melakukan persalinan.

  1. Berhubungan seksual

Berhubungan seksual sangat disarankan untuk ibu hamil yang memasuki usia kehamilan 36 minggu ke atas. Hal ini dikarenakan berhubungan seksual dapat menciptakan hormon prostaglandin pada pria yang menyebabkan kontraksi pada ibu hamil.

Begitu pula pada ibu hamil yang akan menghasilkan hormon oksitosin yang mana bisa membuat ibu hamil orgasme dan menyebabkan kontraksi lebih cepat. Melakukan langkah sesuai cara agar bayi cepat masuk panggul tersebut akan lebih efisien dalam proses persalinan.