Mengenal Tentang Sholat Istikharah Dan Tata Caranya

Pada saat menentukan  pilihan yang mendesak, sebagai seorang Muslim harus melaksanakan sholat sunnah 2 rekaat istikharah. Ibadah satu ini bisa membantu menenangkan hati yang sedang galau dan gelisah. Agar lebih jelas mengenai apa itu sholat Istikharah itu yuk simak penjelasan berikut.

Istikharah merupakan ibadah yang menjadi budaya masyarakat jahiliyah dengan menggunakan azlam atau undian. Akan tetapi Allah SWT melarang cara tersebut dan kemudian menggantinya dengan sholat istikharah sebanyak 2 rekaat setelah nabi Muhammad diangkat menjadi Rasulullah.

Tujuan utama dilaksanakan ibadah ini adalah until meminta petunjuk mengenai segala sesuatu yang bisa berkaitan dengan jodoh, pekerjaan maupun yang lainnya. Untuk hukum sholat ini adalah sunnah.

Tata cara untuk melakukan sholat istikharah adalah sama dengan sholat pada umumnya hanya saja disunnahkan membaca surat al kafirun setelah surat al fatihah. Setelah itu dilanjutkan dengan surat al ikhlas .

Manfaat dari sholat istikharah adalah menyerahkan hasilnya kepada Allah SWT. Apapun  yang terjadi adalah kehendak Allah SWT yang terbaik. Selain itu juga secara tidal langsung mengajarkan untuk yakin serta percaya dengan Allah SWT. Ini akan semakin memperkuat keimanan Dan ketakwaan kita semua sebagai seorang Muslim.

Itu penjelasannya mengenai sholat istikharah, tata caranya dan manfaatnya. Ini menjadi salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan apabila Anda mengalami keraguan dalam menetukan pilihan.