Seni Patung, Karya Seni Rupa Murni

Seni patung merupakan salah satu seni yang menarik untuk diperhatikan. Jenis kesenian patung termasuk karya seni rupa yang murni dan bukan terapan. Seni patung disebut sebagai karya seni rupa dan bukan terapan karena alasan berikut ini.

Seni patung sebagai karya seni murni

Seperti disebutkan sebelumnya, karya seni patung bisa disebut sebagai karya seni murni. Karya seni ini dianggap sebagai karya seni murni karena penggunaannya. Karya seni patung pada dasarnya tidak memiliki cukup banyak manfaat untuk kehidupan manusia, inilah yang membuat seni patung disebut sebagai karya seni murni.

Seni patung adalah karya seni yang umumnya dibuat untuk membuat sebuah objek yang bertujuan untuk dekorasi. Hal inilah yang membuat seni patung tidak disebut sebagai seni terapan melainkan seni murni.

Daya tarik dari seni patung

Seni patung memiliki daya tarik yang besar bagi masyarakat. Pasalnya dengan karya seni ini ada banyak bentuk objek yang bisa direalisasikan. Hal ini bisa membawa mata pencaharian bagi para pelaku atau pembuat seni patung yang disebut dengan pematung.

Selain  bisa di buat menjadi banyak bentuk, seni patung juga bisa dibuat dengan menggunakan banyak teknik. Mulai dari teknik membentuk hingga teknik memahat.

Bahannya juga sangat beragam, mulai dari bahan keras seperti kayu, batu dan logam, hingga bahan yang lunak seperti tanah liat. Karena bisa membentuk inilah mengapa patung termasuk karya seni rupa.