Sejarah Singkat Asal Usul Kuntilanak

Kuntilanak atau kunti adalah salah satu hantu legenda yang popular di Indonesia. Hantu ini adalah hantu yang dipercaya berasal dari seorang perempuan yang sedang hamil dan meninggal dunia. Karena belum sempat melahirkan anak mereka, maka disebut dengan Puntianak atau Perempuan Mati Beranak yang saat ini dikenal dengan sebutan Kuntilanak atau Kunti.

Menurut kepercayaan dan tradisi masyarakat Jawa, Kuntilanak tidak akan mengganggu beberapa Wanita hamil apabila Wanita tersebut membawa paku, pisau bahkan gunting apabila mereka bepergian kemana saja. Hal inilah yang membuat ada beberapa masyarakat yang masih percaya bahkan masih meletakkan beberapa benda tajam baik jarum, pisau maupun gunting yang dekat denagn tempat tidur sang bayi.

Ada beberapa kepercayaan yang diungkapkan bahwa dengan meletakkan benda-benda tajam tersebut di sekitar bayi maka akan membuat kuntilanak takut. Dulunya, kuntilanak ini digambarkan sebagai salah seorang Wanita cantik dengan punggung berlubang yang meneror warga sekampung untuk membalaskan dendamnya. Bahkan pada saat terror berlangsung, jika ada laki-laki yang tidak berhati-hati, maka akan dibunuh kuntilanak dan berubah wujud menjadi seorang penghisap adarah.

Dari berbagai cerita inilah yang membuat banyak orang harus lebih berhati-hati pada siapa pun apalagi Ketika berjalan seorang diri di jalanan yang sunyi. Di dalam kepercayaan agama Islam sendiri, kuntilanak sendiri adalah golongan jin yang suka mengganggu dan juga menakut-nakuti manusia bahkan ia mampu menyerupai beberapa orang yang telah tiada.