Sejarah Pulau Mandeh

Kawasan Mandeh merupakan salah satu daerah atau wilayah yang ada di darat, laut dan juga gugus pulau yang berada di depannya. Mulai dari Pantai Batu Kalang, Desa Carocok, Desa Mandeh, Desa Sungai Nyalo, Desa Mudik Air, Desa Sungai Pinang bakan sampai dengan beberapa pulau yang ada di sekitarnya.

Pulau ini adalah salah satu pulau yang berpenduduk cukup minim di dalamnya. Adapun sebuah pembangunan yang dlakukan dengan membuat jalanan baru sepanjang kurang lebih 45km dari Carocok tarusan sampai dengan ke Sungai Pisang atau Sebagian yang masuk ke daerah Padang.

Pulau ini juga membuat sebuah pembangunan berupa Pembangkit Listrik, Air bersih, sekolah dasar sampai dengan beberapa Pos Yandhu. Ada banyak pembangunan lingkungan bebas epidemi malaria yang akan saking bekerja sama dengan Departemen Kesetahan Pusat selama 3 tahun secara berkala.

Untuk nama Mandeh ini sendiri berdasarkan hasil diskusi Panjang Ambo dengan salah seorang warga Bernama Bapak Nazil Lubuk atau seorang mantan Kadis Pariwisata Sumatera Barat yang berada di atas kapal milik Ferianto Gani.

Kawasan Mande jika dibaca dalam Bahasa Inggris ini adalah Mather Area yang diyakini nama akan membuat turis-turis asing yang ingin tahu. Bahkan Kawasan Mandeh ini saat ini sudah menjadi salah satu daerah yang dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik. Ada pemandangan alam tropisnya yang indah bahkan asri yang akan Anda nikmati nantinya.