Resep Ikan Tuna Bumbu Kuning Super Nikmat

Ikan tuna menjadi salah satu hewan yang memiliki rasa khas jika di oleh menjadi makanan. Banyak resep yang bisa di aplikasikan pada ikan tuna ini, salah satunya di bumbu kuning. Berbagai bahan dan resep ikan tuna bumbu kuning ini juga sangat mudah. Penasaran? berikut penjelasan resepnya untuk anda.

Resep Membuat Ikan Tuna Bumbu Kuning

  1. Bahan yang Dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat olahan ini sangat sederhana dan mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahannya antara lain 500 gram dada tuna potong dadu, 2 lembar daun jeruk dan barang serai geprek. Jangan lupa siapkan daun kemangi, jeruk nipis, cabai rawit, gula, kaldu bubuk, dan garam.

  1. Bahan Bumbu Halus

Resep selanjutnya yaitu dengan membuat bumbu halus. Anda harus menyiapkan 3 siung bawang putih, 5 merah, 2 cm kunyit dan juga jahe, dan 2 kemiri. Jika sudah dalam cobek, maka langsung haluskan hingga merata. Jangan sampai ada bagian yang masih keras, sebab takutnya membuat rasanya kurang mantap.

  1. Cara Membuatnya

Cara membuatnya juga sangat mudah, dimulai dengan melumuri tuna dengan jeruk nipis dan diamkan 15 menit. Jika sudah, lanjutkan dengan menumis bumbu halus jeruk, serai, dan rawit. Bila sudah, maka lanjutkan dengan memasukkan tuna hingga pucat. Lalu tuangkan air di dalamnya dan tutup hingga rapat. Jika sudah masukkan kemangi agar segar.

Dari penjelasan diatas bisa diambil kesimpulan, bahwasannya resep membuat olahan ikan tuna bumbu kuning bisa dilakukan dengan mudah. Dimulai dengan mempersiapkan bahan yang dibutuhkan, bumbu halus, dan yang terakhir cara membuatnya. Dan agar olahan menjadi nikmat, maka tambahkan kemangi yang segar.