10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Cocok untuk Pemula

Fotografi merupakan kegiatan memotret gambar yang beberapa tahun akhir ini sangat diminati. Bukan hanya oleh seorang fotografer saja, banyak pemula yang mencintai dunia ini. Untuk menunjang aktivitas fotografi, kamera yang dapat digunakan salah satunya adalah mirrorless. Ada beberapa rekomendasi kamera mirrorless terbaik bagi pemula.

Kamera merupakan salah satu barang penting ketika Anda ingin mengabadikan sebuah momen atau membuat suatu karya seni yang indah. Sebab, di kamera terdapat berbagai fitur penunjang untuk mendapatkan gambar seperti yang diinginkan.

10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Bagi Pemula

Seorang pemula pasti kurang memahami tentang kamera termasuk fitur-fitur yang dimilikinya. Kamera mirrorless menjadi jawaban Anda karena kamera ini cenderung praktis namun menghasilkan gambar yang tajam.

Bagi Anda yang ingin mempelajari fotografi, tidak ada salahnya pickybest.id menyarankan 10 rekomendasi kamera mirrorless terbaik bagi pemula ini:

  1. Olympus OM-D E-M10 Mark IV

Apabila Anda menyukai fotografi outdoor baik portrait atau pun landscape, kamera mirrorless ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. Untuk menangkap gambar, hasilnya cukup jelas karena dilengkapi kamera 20.3 MP.

Desainnya yang kompak dan sederhana membuat kamera ini terkesan elegan. Sangat cocok bagi Anda yang suka jalan-jalan atau traveling ke tempat-tempat yang terbuka. Untuk menikmati kamera ini, Anda siap mengeluarkan uang sekitar Rp 8,5 Juta.

  1. Fujifilm X-T200

Fujifilm adalah salah satu brand kamera terkemuka hingga saat ini, salah satu produk kamera mirrorless yang diproduksinya adalah Fujifilm X-T200. Secara desain, kamera mirrorless ini memiliki sentuhan yang lebih modern namun tetap elegan.

Kamera mirrorless Fujifilm ini menggunakan kamera 24.2 MP, selain itu juga dilengkapi dengan aktivitas videografi karena dilengkapi dengan format video 4K. Harga kamera mirrorless ini sekitar Rp 8 Juta.

  1. Canon EOS M50

Rekomendasi kamera mirrorless terbaik lainnya adalah dari produk Canon. Ya, Cannon merupakan salah satu brand kamera terkenal dan menjadi andalan dalam fotografi maupun videografi.

Kamera mirrorless Canon ini dilengkapi kamera 24.1 MP dan fitur perekaman video 4K. Kamera ini sangat cocok untuk pemula karena dilengkapi fitur-fitur yang cukup lengkap. Untuk bisa menggunakan kamera ini, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 5 Jutaan.

  1. Sony Alpha A5100

Bagi Anda yang berprofesi sebagai Youtuber maupun Vlogger sepertinya sudah tidak asing lagi dengan Sony Alpha A5100 ini. Keunggulan dari kamera mirrorless ini adalah layarnya yang bisa diputar 180 derajat notabene sangat mendukung untuk selfie.

Meskipun dilengkapi fitur yang cukup rumit namun bagi seorang pemula masih bisa memahaminya dengan mudah. Harga dari kamera mirrorless ini sekitar Rp 4.8 Juta.

  1. Nikon 1 J5

Salah satu brand kamera lainnya yang terkenal yakni Nikon juga tidak kalah mengeluarkan produk kamera mirrorless. Bagi Anda yang suka tantangan maka wajib mencoba kamera ini. Sebab, kamera ini sangat cocok untuk mengambil gambar dengan pergerakan yang cepat.

Secara desain, kamera ini memiliki model seperti kamera digital pada umumnya namun didukung dengan sentuhan klasik. Harga kamera Nikon 1 J5 ini sekitar Rp 2 Jutaan.

  1. Fujifilm Finepix X-A7

Kamera Fujifilm ini menjadi salah satu rekomendasi kamera mirrorless terbaik karena memiliki desain klasik retro dan minimalis. Kesan elegan sangat melekat pada kamera satu ini. Sebagai seorang yang masih pemula, wajib mencoba kamera ini karena memiliki tampilan layar yang lebar.

Namun, bukan hanya tampilan layarnya saja yang memanjakan mata melainkan juga fitur yang ditawarkan. Bahwasanya, kamera mirrorless ini sangat sensitif untuk mendeteksi mata dan wajah. Untuk memiliki kamera ini, siapkan uang Anda sekitar Rp 6,5 Juta.

  1. Panasonic Lumix Dc-GF9K

Kamera ini tergolong sangat sederhana dari segi fitur-fiturnya sehingga sangat cocok bagi Anda seorang pemula. Meskipun tampilannya terkesan klasik namun fitur yang dimilikinya justru modern.

Hasil jepretan kamera ini juga jernih dan cukup tajam. Bentuknya yang minimalis sangat cocok untuk dibawa traveling keliling Indonesia. Harga kamera mirrorless Panasonic ini sekitar Rp 4 Jutaan.

  1. Fujifilm AX3

Banyak orang mengatakan bahwa kamera mirrorless ini merupakan kamera sejuta umat. Hal yang menarik dari kamera ini adalah bagian LCD pada kamera. Layar LCD dapat disentuh dan bahkan dihadapkan ke depan sehingga cocok untuk berselfie.

Tampilan klasik pada kamera ini memberikan kesan yang elegan ditambah dengan kamera berukuran 24.1 MP. Harga kamera ini juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp 5 Jut.

  1. Xiaomi Yi M1

Rekomendasi kamera mirrorless terbaik bagi pemula selanjutnya adalah dari brand Xiaomi. Bukan hanya memproduksi smartphone saja, Xiaomi juga gencar memproduksi teknologi kamera lainnya seperti kamera mirrorless.

Tidak hanya untuk aktivitas fotografi, Xiaomi Yi M1 juga dapat digunakan untuk videografi karena dilengkapi fitur perekamanan video 4K. Untuk harga Xiaomi Yi M1 sekitar Rp 2 Jutaan.

  1. Sony A6000

Kamera mirorrless Sony juga sangat cocok digunakan oleh seorang pemula. Hasil gambar tajam karena dilengkapi dengan teknologi APS-C Exmor. Selain itu, fitur perekaman videonya juga beresolusi tinggi yakni Full HD.

Hasilnya yang tajam dan dilengkapi dengan fitur yang mumpuni akan mempermudah siapa saja mendapatkan hasil gambar yang tajam. Untuk harga Sony A6000 sekitar Rp 5,8 Juta.

Alasan Memilih Berdasarkan Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik

Dalam memilih kamera memang dibutuhkan pengetahuan serta fitur yang dimiliki. Tidak hanya sekadar menggunakannya saja, hasil gambar yang bagus memang dipengaruhi oleh pengalaman serta keterampilan. Namun, hal ini akan cukup kesulitan apabila ingin mendapatkan gambar layaknya fotografer pro.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika melihat rekomendasi kamera mirrorless terbaik yang akan Anda beli,

  1. Perhatikan Spesifikasi dan fitur tambahan

Setiap produk kamera memiliki spesifikasi dan berbagai fitur tambahan guna menunjang kenyamanan serta hasil jepretan yang bagus. Pilihlah spesifikasi yang detail sehingga akan memudahkan Anda dalam mengambil gambar.

  1. Sesuaikan memilih kamera mirrorless dengan kebutuhan serta budget yang ada

Hanya karena ingin menggunakan kamera mirrorless berdasarkan membaca rekomendasi kamera mirrorless terbaik lantas Anda mengabaikan kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan utamanya. Alangkah baiknya pertimbangkan pula hal ini agar biaya hidup sehari-hari Anda tetap aman dan kamera digunakan sesuai kebutuhan.

  1. Pastikan adanya pilihan lensa

Dengan adanya pilihan lensa akan membuat Anda mudah bereksperimen mengambil gambar. Lensa kamera ini biasanya dijual terpisah dengan kamera utamanya. Sehingga sesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda saja.

  1. Perhatikan sensor mirrorless pada kamera tersebut

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan berkualitas, setidaknya kamera tersebut dilengkapi sensor APS-C, Fullframe, Medium Format dan CMOS.

Penggunaan kamera mirrorless memang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Misalkan saja Anda menyukai vlog maka gunakan kamera dengan resolusi yang tajam sehingga menampilkan gambar yang menarik bagi penontonnya. Selain itu, fitur untuk selfie juga sangat penting bagi seorang vlogger.

Namun, apabila Anda hanya ingin mengabadikan sebuah gambar dengan nilai seni maka perhatikan fitur yang disuguhkan. Pasalnya, fitur-fitur pada kamera dapat menunjang hasil jepretan yang indah.

Rekomendasi kamera mirrorless terbaik bagi pemula di atas bisa menjadi rujukan ketika akan memilih kamera yang sesuai dengan dibutuhkan. Pastikan untuk tidak boros agar kamera dapat berfungsi dengan optimal dan terawat dengan baik sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang.