Penyebab Mobil Goyang Kanan Kiri

Di antara Anda mungkin ada yang pernah mengalami mobil terasa goyang ke kanan dan kiri saat sedang melaju. Padahal, mobil digunakan pada kecepatan rendah. Tentu hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengemudi, pun penumpang di dalam mobil. Kondisi ini juga bisa membahayakan dan tidak boleh disepelekan.

Jika mobil Anda merasakan hal yang demikian, segera lakukan pemeriksaan dengan teliti. Sudah pasti terdapat komponen mobil yang mengalami kerusakan, sehingga menyebabkan ketidakstabilan laju mobil Anda. Nah, berikut ini kami berikan informasi terkait beberapa penyebab mobil goyang kanan kiri saat sedang melaju, di antaranya:

  1. Pemukaan Ban yang Tidak Rata

Artinya, ban mengalami kebotakan dan tidak mulus lagi atau ban menggelembung. Pada kebanyakan kasus, penyebabnya lebih banyak karena ban yang menggelembung. Penyebab ban menggelembung bisa jadi karena kebiasaan pengendara yang menggunakan mobil selalu dalam kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata dan bisa juga karena memang kualitas ban yang rendah.

Jika Anda ke bengkel dengan kondisi ini, biasanya mekanis akan member saran untuk mengganti ban mobil dengan yang baru dan lebih berkualitas, sehingga tidak menyebabkan limbung atau mobil goyang dan tidak membahayakan saat dikendarai. Penting juga untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar agar kondisinya prima.

  1. Kampas Rem Terlalu Keras

Rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mobil. Untuk itu sangat penting melakukan perawatan pada kampas rem, karena seiring berjalannya waktu rem akan mengalami perubahan bentuk. Hal ini tidak dapat dihindari karena rem terus menerus digunakan. Jika mulai merasakan goyangan pada mobil saat pedal rem diinjak, segera ganti kampas rem.

Namun demikian, pemilihan kampas rem juga tidak bisa sembarangan. Sebaiknya, pilihlah kampas rem yang teksturnya lebih lunak. Pasalnya, kampas rem yang terlalu keras akan berpotensi merusak piringan cakram yang membuat mobil goyang kanan kiri. Selalu lakukan pemeriksaan pada rem secara rutin.

  1. Shockbreaker Bermasalah

Bukan hanya rem, shockbreaker juga merupakan komponen yang memiliki fungsi vital pada kendaraan. Komponen ini berfungsi untuk meredam getaran saat Anda memasuki jalanan yang kurang rata. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, maka mobil akan terasa sangat goyang, meski dalam kecepatan rendah. Untuk mengatasinya, perlu mengganti shockbreaker yang baru.

  1. Velg Roda Penyok

Penyebab lainnya bisa jadi karena velg roda yang penyok tanpa disadari. Jika velg roda penyok dan bentuknya sudah tidak presisi, maka sangat mungkin mobil mengalami goyang kanan kiri pada saat dikendarai dengan kecepatan rendah. Velg mobil yang rusak biasanya pada bagian depan. Gejalanya yang paling terasa biasanya setir goyang-goyang dengan sendirinya.

  1. Masalah Pada Mesin

Terdapat beragam masalah pada mesin yang menyebabkan mobil goyang, salah satunya karena proses pembakaran pada mesin yang tidak berjalan dengan baik. Jika hal ini terjadi pada mobil Anda, periksalah pada bagian sistem pembakaran, seperti aki dan busi. Pastikan tidak ada percikan api di dekat kedua komponen tersebut.

Itulah tadi beberapa penyebab mobil goyang kanan kiri yang perlu Anda waspadai, khususnya jika tetap terasa pada kecepatan rendah. Anda harus sesegera mungkin mengatasi kerusakan yang terjadi, sehingga tidak menyebabkan resiko yang lebih membahayakan lagi saat sedang dikendarai. Selalu lakukan perawatan rutin ke bengkel atau sendiri dengan mengikuti kursus mekanik mobil.