Ikuti Rute Pendakian Gunung Prau via Dieng Ini, Biar Mudah sampai Lokasi

Pendakian Gunung Prau via Dieng dapat ditempuh oleh para pendaki beberapa Pos. Ada 3 pos yang harus dilewati dengan rute perjalanan yang tidak terlalu terjal dan ekstrem. Menariknya lagi pendakian menuju ke Gunung Perahu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah sepanjang perjalanan.

 

Pendakian Gunung Prau dapat dimulai dari pos pertama yang disebut dengan pos Gemekan. Pos pertama ini merupakan vegetasi antara rumah penduduk dengan kawasan hutan. Di areal ini, pendaki bakal bisa menyaksikan meluasnya ladang perkebunan milik warga sekaligus udara yang sejuk. Perjalanan menuju ke pos satu ini membutuhkan waktu sekira 30 menit.

 

Selanjutnya adalah Pos Semendung. Pos ini dapat dicapai dalam waktu 60 menit dengan area berupa hamparan hutan pinus. Trip menuju ke pos 3 atau pos Nganjir berupa sama dengan sebelumnya berupa area pepohonan pinus yang indah dan dan akar akar pinus yang tumbuh ke permukaan tanah. Akar-akar ini pun kerap menjadi pijakan para pendaki.

 

Dari pos Nganjir pendaki bakal melewati jalur dengan medan berupa tanjakan dengan kemiringan mencapai 50 derajat. Setelah menempuh 60 menit perjalanan, maka tibalah di puncak Gunung Prau. Dari sinilah bakal terlihat jelas kemegahan alam dan Gunung Sindoro dan gunung Sumbing.

 

Dari puncak Gunung Prau pendaki tidak hanya bisa menyaksikan gunung kembar, namun juga bisa melanjutkan perjalanan menuruni Bukit Teletubbies Gunung Prau. Bukit ini pun sangat terkenal keindahannya sekaligus ada hamparan bunga Daisy yang tumbuh di Sabana Perahu.