Ketahui Cara Kerja Dan Harga Panel Surya 500 Watt

Dengan bertambahnya jumlah penduduk Indonesia, maka kebutuhan akan energi listrik juga semakin meningkat. Perlu dicatat bahwa permintaan listrik terus tumbuh pada tingkat tahunan 10-15%. Hal ini akan mendorong masyarakat untuk mencari alternatif lain dengan panel surya yang sesuai dengan kebutuhan rumah. Berikut informasi tentang cara kerja dan harga panel surya 500 watt

Pengertian Panel Surya

Panel surya adalah sistem yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip pembangkit listrik fotovoltaik. Panel surya atau solar panel ini diletakkan pada permukaan atap yang langsung terkena sinar matahari. Mekanisme panel surya sangat sederhana. Artinya, panel surya menyerap energi matahari dan menyimpannya di baterai.

Dengan begitu, anda bisa menggunakan energi ini untuk segala aktivitas keluarga dari pagi hingga sore hari. Sistem ini bekerja secara otomatis ketika listrik dikonsumsi. Saat Anda menyalakan TV, energi diserap dari baterai panel. Anda juga perlu mengetahui jenis baterai dan kapasitas yang sesuai untuk digunakan sebagai daya tampung energi

Cara Kerja Panel Surya

Mekanisme panel surya sangat sederhana. Panel surya menyerap energi matahari, yang disimpan dalam baterai. Energi ini dapat digunakan untuk segala aktivitas keluarga dari pagi hingga sore hari. Sistem ini bekerja secara otomatis ketika listrik dikonsumsi. Saat Anda menyalakan TV, energi diserap dari baterai panel.  Cara kerja panel ini cukup memang cukup mudah.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memasang panel surya. Pertama adalah lokasi instalasi. Untuk mendapatkan energi matahari yang maksimal, Anda perlu memperhatikan posisi dan letak rumah. Semakin dekat dengan garis khatulistiwa, semakin banyak sinar matahari yang Anda dapatkan. Perhatikan juga arah hadap atap rumah, letak tanah untuk pemasangan sistem panel, dan jarak antara atap dengan panel surya yang mengarah ke panel listrik utama.

Hal ini harus dilakukan oleh seorang ahli agar dapat berfungsi secara optimal. Selanjutnya, pastikan komponen panel surya yang Anda beli berkualitas tinggi dan membeli dari penjual yang berpengetahuan luas juga memiliki garansi produk. Penjual harus memberikan pelayanan yang berkaitan dengan peralatan listrik untuk mencegah kerusakan atau bahaya pada sistem.

Harga Panel Surya

Secara umum, ada empat jenis panel surya di pasaran yaitu kristal tunggal, polikristal, amorf, komposit. Namun, monotype dan polytype yang cocok untuk iklim tropis Indonesia dan bekerja cukup baik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Harga untuk modul surya saat ini sangat bervariasi tergantung pada anggaran rumah Anda, merek dan kebutuhan energi.

Semakin banyak kapasitas yang Anda butuhkan, semakin tinggi harganya. Jika Anda membutuhkan daya hingga 1300 watt, dompet Anda bisa dirogoh cukup dalam bahkan hingga 50 juta. Namun bagi yang ingin mencoba model yang lebih kecil dan lebih murah bisa mendapatkan 1 meter persegi 100 watt hanya dengan biaya sekitar 2 jutaan.

Harga panel surya 500 watt atau yang berukuran kurang dari 1 meter dibandrol dengan harga belasan hingga puluhan ribu. Tipe ini cocok untuk rumah yang tidak terlalu besar. Output yang besar seperti 900 watt tentu membutuhkan budget yang cukup besar yaitu puluhan juta. Namun, di masa depan ada baiknya menggunakan listrik yang sangat efisien untuk mengurangi biaya.

Panel surya merupakan salah satu pembangkit listrik yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti PLN. Dengan menggunakan panel surya ini, anda dapat menghemat pengeluaran biaya listrik. Anda hanya perlu mempertimbangkan harga yang perlu dikeluarkan dalam penggunaan PJU solar cell. Namun, biaya tersebut hanya perlu anda keluarkan ketika awal pemasangan

Panel surya memang sangat bagus untuk menjaga kelestarian alam dari pada menggunakan energi fosil. Di https://homida.com/ banyak ulasan seputar rumah dan seluk beluknya.