Oleh Oleh Khas Batam yang Dikenal oleh Masyarakat Luas

Selain memiliki lokasi wisata yang menarik, Batam memiliki jenis buah tangan yang wajib untuk dibawa pulang. Buah tangan tersebut dapat berupa makanan dan souvenir khas yang menarik. Kaos T-Obenk merupakan cinderamata khas Batam yang dikenal oleh masyarakat luas. Karena harganya yang relatif terjangkau, wisatawan biasanya membeli kaos dalam jumlah besar. Tidak hanya hadir dengan model yang beragam, bahan pembuat kaos memiliki kualitas yang premium.

Cokelat Rocklate merupakan oleh oleh khas kota Batam lainnya yang memiliki rasa manis. Selain cokelat, bahan lain yang digunakan dalam pembuatan buah tangan ini adalah marshmallow. Dengan perpaduan kedua bahan tersebut, kudapan ini memiliki sensasi yang berbeda. Varian rasa yang ditawarkan oleh Rocklate adalah Crunchy Green Tea Chocolate, Milk Choco Chip dan Mocha Chocolate.

Buah tangan asal Batam yang dikenal baik oleh masyarakat luas adalah Luti Gendang. Makanan khas ini berupa roti yang berisikan ikan. Karena dibuat dengan cara digoreng, Luti Gendang memiliki tekstur yang renyah pada bagian luar dan lembut pada bagian dalam. Ikan tuna merupakan jenis ikan yang umum digunakan sebagai bahan isian roti. Adonan ikan akan dicampur dengan menggunakan rempah-rempah sehingga rasa dari kudapan ini tak dapat kita bandingkan dengan kudapan roti daging lainnya. Harga per kotak Luti Gendang adalah Rp. 75.000 dan per buahnya adalah Rp. 3.500.