Niat Memandikan Jenazah Dan Mengurusnya

Tentunya ada banyak hal yang harus dilakukan saat mengurus jenazah dengan benar. Anda yang belum tau bagaimana cara memandikan jenazah tentu dapat membaca informasi dan ulasan berikut ini agar dapat sesuai dengan tata caranya. Anda dapat menggunakan beberapa tata cara berikut ini agar dapat dilakukan dengan tata cara yang benar. Untuk itu anda dapat mengurus jenazah dengan benar dan sesuai syariat dengan cara berikut ini.

 

Banyak hal yang harus anda siapkan saat anda akan memandikan jenazah dengan benar. Anda dapat menggunakan car acara berikut ini agar dapat sesuai dengan tata cara memandikan jenazah. Untuk itu anda harus menyiapkan juga tempat pemandian jenazah yang sesuai dan tentu saja bisa menjadikan anda dapat memandikan dengan nyaman. Berikut adalah cara yang benar dalam memandikan jenazah.

 

Bagaimana niat memandikan jenazah

 

  1. Anda harus menggunakan sarung tangan dulu sebelum akhirnya memandikan jenazah.

  2. Tutup juga aurat jenazah dengan benar menggunakan kain yang sudah disediakan.

  3. Bersihkan lebih dulu bagian bagian seperti gigi, kemudian lubang hidung, telinga, ketik dan celahnya, jari tangan dan buku buku jari serta kepala dan bagian rambut dari jenazah.

  4. Bersihkan kotoran dan juga sisa makanan yang mungkin ada di dalam perut dengan menekannya. Anda dapat menekan dan kemudian sisa kotoran jenazah akan keluar dengan mudah.

  5. Siram seluruh anggota badan dari jenazah dengan air sabun.

  6. Untuk menyiram dengan bersih dan sesuai dengan kelamin dari jenazah dengan menggunakan doa khusus dalam memandikan dan membersihkan jenazah dengan benar.

  7. Siram dan lalu basuh dengan bersih dan sesuai dari kanan ke kiri dengan masing masing 3x siraman.

  8. Hadapkan dan bersihkan bagian lambung jenazah dengan benar sehingga akan membersihkan seluruh kotoran yang ada di belakang jenazah.

  9. Siram lagi dengan air yang bersih kemudian ganti dengan air kapur baru yang wangi.

  10. Setelah selesai, wuduhukan jenazah tersebut sesuai dengan wudhu orang yang akan melakukan sholat.

  11. Kemudian buka sanggul dan biarkan rambut yang ada menjadi terurai dan kepang rambut jenazah.

  12. Lap sisa sisa air sampai kering.

  13. Berikan wewangian kepada jenazah untuk membuat jenazah semakin wangi dan juga sebelu dikafani.

 

Tata cara memandikan jenazah

 

Setelah aktivitas memandikan jenazah selesai, maka anda dapat segera mengkafani jenazah sesuai dengan tata caranya. Untuk mengkafani jenazah laki laki dan perempuan tentunya tidak sama dan harus sesuai dengan caranya. Setelah jenazah sudah selesai dikafani dan diberi wawangian, maka jenazah dapat segera disholatkan. Untuk tata cara menyolatkan juga ada caranya sendiri dan anda tentunya harus bisa membedakan bacaan untuk sholat bagi jenazah laki laki dan perempuan. Anda dapat menggunakan tata cara yang sesuai dengan yang dianjurkan sehingga akan mengikuti sunahnya. Anda juga dapat mengikuti cara yang sesuai dan tentu saja bisa membuat anda mengerti bagaimana mengurus jenazah yang benar.

 

Jika sudah selesai disholatkan, maka jenazah akan segera dikuburkan. Untuk liang lahat sendiri memang disarankan agar digali dalam sehingga bau jenazah tidak akan tercium. Kemudian jenazah juga tidak akan dimakan oleh binatang atau burung liar. Tempat jenazah dengan hati hati dan hadapkan ke arah kiblat. Tata cara ini bisa anda gunakan sebagai salah satu cara merawat jenazah dengan baik.