Yuk Intip Cara Membuat Nasi Kuning Agar Gurih Dan Pulen

Nasi kuning adalah masakan khas yang biasanya disajikan saat ada acara atau hajatan. Nasi ini sering juga disajikan dalam perayaan syukuran. Nasi ini adalah salah satu variasi dari nasi yang sering digunakan sebagai tumpeng. Cara membuatnya sangat mudah, perhatikan langkah berikut agar Anda mendapatkan nasi yang nikmat, gurih, dan pulen. Kalau sudah selesai, kamu bisa memasukkan nasi kuning ke dalam Packaging makanan agar bisa dibawa bepergian.

Langkah Membuat Nasi atau Sega Kuning

  1. Cuci Bersih Beras

Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat hidangan khas satu ini adalah dengan mencuci bersih beras. Pastikan Anda menggunakan beras yang tepat dan berkualitas agar mendapat hasil yang lebih nikmat. Takar beras sesuai keinginan Anda atau sesuai dengan porsi yang ingin dihidangkan. Cuci beras menggunakan air mengalir hingga bersih.

  1. Tambahkan Bumbu dan Rempah

Setelah beras dicuci bersih, langkah selanjutnya dalam membuat nasi kuning adalah membuat bumbunya. Tiriskan beras tadi di wadah bersih. Kemudian Anda perlu menyiapkan beberapa rempah-rempah yang akan digunakan.  Hal ini perlu diperhatikan baik-baik agar tidak salah dalam memasukkan bumbu. Bumbu masakan ini berbeda di setiap daerah, meski begitu bumbu intinya tetap sama.

Bumbu utamanya adalah santan, kunyit, sereh, daun pandan, daun jeruk, garam, gula dan lada. Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Untuk hasil yang lebih nikmat, Anda dapat memasak terlebih dahulu bumbu tersebut. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa ruas kunyit kemudian campur dengan santan. Masak campuran tadi di atas kompor lalu masukkan bumbu-bumbu tadi.

  1. Hidupkan Magicom

Setelah bumbu tadi disiapkan, Anda bisa langsung memasukkannya ke dalam panci magic com yang telah berisi beras. Aduk rata agar bumbu nasi kuning tercampur. Setelah itu nyalakan magicom dan tekan cook. Jika telah pindah ke mode warm, Anda bisa mengaduknya setelah 10 menit berlalu. Nasi kemudian dapat langsung diangkat dan disajikan dengan beberapa lauk seperti telur balado, tempe goreng atau perkedel.

Tips Agar Nasi Tidak Lembek

Tips yang bisa Anda lakukan agar hidangan nasi kuning Anda tidak lembek adalah dengan meniriskan airnya. Anda bisa meniriskan air saat proses memasak. Selain itu Anda Juga dapat mencoba metode kukus dalam memasak nasi. Nasi yang lembek biasanya disebabkan oleh kandungan air yang terlalu banyak. Takaran antara nasi dan air jadi tidak seimbang.

Anda bisa membuang airnya, takar sesuai dengan porsi beras. Jika terlanjur lembek, segera keluarkan nasi dari dalam magicom lalu pindah ke kukusan. Aduk-aduk nasi selama beberapa kali agar airnya menguap. Anda juga bisa membuka penutupnya agar nasi bisa sedikit kering. Jangan merendam beras di dalam air selama kurun waktu yang lama.

Hal berikutnya yang dapat membuat nasi lembek dan tidak jadi bisa berasal dari bahannya. Beras yang tidak berkualitas atau kadaluarsa bisa menjadikan nasi Anda tidak pulen atau bahkan tidak matang. Bahan lainnya yang menjadi komponen pembuat nasi satu ini juga perlu diperhatikan. Pilih santan yang masih segar, tidak punya Anda dapat membeli santan kemasan yang ada di toko terdekat.

Itulah cara atau langkah dalam membuat nasi atau sega kuning. Sangat mudah bukan? Anda dapat membuatnya di rumah. Bahan yang digunakan juga mudah didapatkan. Anda bisa menyajikannya dengan berbagai macam lauk sesuai dengan selera Anda. Mulai dari telur balado, tempe balado, tempe atau tahu goreng, perkedel atau ayam goreng. Jika masih ragu, tersedia bumbu instan nasi yang bisa Anda gunakan dengan mudah.