6 Macam Motif Batik Bali Yang Khas

Batik merupakan salah satu warisan budaya dari Indonesia yang sudah diakui oleh Dunia. Batik juga seringkali dikenakan saat menghadiri acara formal. Dan selama ini banyak yang mengenal batik itu dari Jawa saja. Padahal motif batik itu ada juga yang dari Bali.

Penasaran seperti apa saja motif batik Bali yang cocok untuk dijadikan sebagai baju batik Wanita Modern. Inilah beberapa motif batik Bali lengkap dengan maknanya.

Apa Saja Macam-macam Motif Batik Bali?

Budaya Bali memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan budaya dari daerah lain. Ini juga bisa terlihat dari motif batik Bali yang khas dengan kearifan lokalnya.

Selain itu batik Bali ini juga memadukan budaya asli Bali dengan budaya yang berasal dari luar pulau Bali, sehingga akan menjadi motif khas Bali yang indah dan memiliki ciri khas.

1. Batik Bali Ulamsari Mas

Ada salah satu motif batik Bali yang paling terkenal yaitu motif batik Bali Ulamsari Mas. Motif ini berupa gambar ikan serta udang. Ini adalah gambar yang mewakili mata pencaharian dari masyarakat Bali yang sebagian besar nelayan.

Makna dari motif batik ini adalah kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat yang hidupnya di pesisir pantai.

2. Batik Pisan Bali/Jagatan Pisan

Batik Pisan Bali atau yang banyak dikenal dengan sebutan motif batik Pisang Bali ini  cocok dikenakan untuk kamu yang memiliki pacar ataupun pasangan.

Hal itu tak lepas dari motif batik ini yang seringkali dipakai sebagai hadiah untuk pasangan yang akan bepergian. Adapun maksud dari pemberian kain motif batik ini adalah agar pasangannya pulang dengan selamat.

Kemudian untuk makna dari Motif Batik Pisan Bali yaitu sebagai harapan, doa serta keselamatan.

3. Batik Bali Buketan

Ternyata Bali juga mendapat pengaruh dari budaya luar loh. Ini bisa dilihat dari motif batiknya yang mendapat pengaruh dari Perancis untuk Batik Bali Buketan.

Bukan hanya itu saja untuk penamaannya juga mendapat pengaruh bahasa Perancis yang diambil dari kata Bouquet atau rangkaian bunga.

Sama halnya dengan nama yang diberikan, gambar dari batik ini yaitu bunga dan tumbuhan. Namun ada juga yang bergambar motif burung atau kupu-kupu yang juga untuk hiasan kecil pada motif ini.

4. Balik Bali Singa Barong

Kemudian ada juga jenis motif singa Barong yang terlihat unik. Keunikannya bisa dilihat dari kain batiknya yang mengangkat makhluk mitos yaitu Barong yang banyak diyakini oleh masyarakat Bali. Adapun untuk makna dari batik ini adalah keajaiban, kekuatan serta keperkasaan.

5. Batik Bali Merak Abyorhokokai

Cukup dengan mengeja namanya saja sudah rumit dan sedikit harus berkonsentrasi. Karena nama ini juga masih asing di masyarakat.

Akan tetapi perlu kamu tahu bahwa motif balik Bali Merak Abyorhokokai ini sebenarnya sudah cukup terkenal di Indonesia. Untuk motifnya juga terlihat khas dari Indonesia yaitu burung merak.

Motif batik yang satu ini menggambarkan tentang keindahan dari burung merak yang memiliki makna keindahan dari Pulau Dewata.

Padahal yang lebih menarik lagi, faktanya motif batik ini terispirasi dari Jepang.

6. Penari Bali

Seperti yang kita tahu bahwa penari Bali ini memang terkenal dengan pesona serta kecantikannya yang bisa menghipnotis banyak orang.

Penari Bali ini juga dikenal memiliki gerakan tangan yang tajam serta penuh dengan daya pikat. Hal inilah yang menjadikan inspirasi dari adanya motif batik Bali yang satu ini.

Motif batik ini juga terlihat cantik dan melambangkan keelokan dari tradisi Bali yang memang sudah terkenal luas.