Mengulik Sejarah Bulu Tangkis Dunia

Siapa yang tidak mengenal bulu tangkis? Olahraga ini dimainkan dengan menggunakan raket dan kok. Menurut sejarahnya, bulu tangkis telah berkembang sejak 2 abad yang lalu di Mesir. Namun demikian, ada pula yang menyebutkan jika olahraga ini pertama kali muncul di Republik Rakyat Tiongkok dan India. Di Tiongkok sendiri, ada jenis permainan yang mirip dengan olahraga bulu tangkis. Permainan tersebut dikenal dengan nama dengan Jianzi. Yang membedakan Jianzi dengan bulu tangkis adalah permainan dimainkan tanpa menggunaka raket.

Anak-anak asal Inggris yang hidup di abad pertengahan memainkan permainan shuttlecocks. Permainan tersebut sangat populer dan menjadi jenis permainan harian masyarakat kota London. Alur permainan tersebut adalah dengan menjaga posisi kok untuk selalu berada di udara dan mencegahnya jatuh ke tanah. Masyarakat Londok kemudian memperkenalkan permainan shuttlecocks ke negara Jepang, Thailand dan Tiongkok ketika Inggris berkoloni dengan negara-negara di Asia.

Tahun 1877 menjadi tahun pertama dimana rancangan peraturan mengenai olahraga bulu tangkis dibuat. Asosiasi bulu tangkis di Inggris kemudian dibentuk pada tahun 1893. Pertandingan kejuaraan bulu tangkis dunia pertama kali diselenggarakan di tahun 1899 melalui pertandingan All England. Sejak saat itulah, bulu tangkis menjadi jenis olahraga yang populer di dunia. Tidak hanya di Asia Tenggara dan Asia Timur, bulu tangkis juga populer di negara Skandinavia.