Mengenal 3 Makanan Khas Maluku Utara yang Wajib Wisatawan Coba

Provinsi Maluku Utara sudah dikenal sebagai daerah yang kaya akan pantai eksotis. Dibalik keindahan alamnya, daerah tersebut masih menyimpan makanan khas yang menggugah selera. Pastikan anda mencicipi makanan khas Maluku Utara berikut, jika berkunjung ke sana.

Makanan khas Provinsi Maluku Utara

  1. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan khas pertama yang wajib anda cicipi adalah ikan kuah pala banda. Makanan yang satu ini berasal dari Kepulauan Banda. Olahan tersebut terbuat dari ikan, namun jauh dari kesan amis. Rempah rempah yang digunakan membuat hidangan tersebut sangat menggugah selera.

Jenis ikan yang digunakan dalam masakan ini adalah ikan kerapu atau ikan kakap. Kedua jenis ikan ini sama sama lezat jika diolah dengan kuah pala banda. Harga satu porsinya juga tidak terlalu mahal, sehingga sangat disayangkan jika anda tidak menyempatkan diri untuk mencicipinya.

  1. Nasi Lapola

Nasi lapola adalah jenis makanan pokok yang biasa disantap oleh masyarakat Maluku. Bahan dasar dari nasi tersebut adalah parutan kelapa muda, beras, dan kacang polong. Nasi ini kemudian disantai dengan lauk seperti kohu kohu dan lalapan mentah.

  1. Papeda

Sepertinya, papeda adalah makanan kawasan maluku dan papua yang sudah banyak dikenal masyarakat di indonesia. Meskipun menemukan papeda tidaklah sulit, namun mencicipi papeda di provinsi asalnya memberikan kesan yang jauh berbeda.

Dari berbagai daftar makanan tadi, manakah menurut anda yang paling lezat? Sempatkan waktu anda untuk mencicipinya saat datang ke Maluku Utara. Harga dari makanan tersebut juga tidaklah terlalu mahal, dan umum ditemukan di berbagai warung.