Menapaki Kembali Sejarah Kerajaan Aceh Islam Pertama

Sejarah kerajaan Aceh diketahui merupakan pemerintahan yang bercorak Islam. Berdiri sekitar abad 15 M dengan pusat pemerintahannya di Banda Aceh Darussalam. Berdasarkan tulisan, awal mula adanya pemerintahan ini yaitu karena gabungan dari dua kerajaan yaitu Lamuri dan Aceh. Penggabungan keduanya didasari oleh ikatan pernikahan.

Sejarah Kerajaan Aceh

Provinsi Aceh dikenal sebagai Serambi Mekah (Seuramoe Mekkah) hingga saat ini ternyata terlahir mulai dari kerajaan Aceh ini. Karena kesuksesan rajanya dalam menyebarkan ajaran Islam hingga diadopsi menjadi budaya masyarakatnya sampai saat ini.

  1. Masa Keemasan

Nama Sultan Iskandar Muda tentu tidak asing lagi di telinga Anda, bahkan hingga saat ini. Bukan tanpa alasan sang Sultan terkenal. Di masa pemerintahannya, kerajaan Aceh mencapai puncak keemasannya. Bahkan wilayah kekuasaannya hingga negeri seberang yang kita kenal sebagai Singapura dan Malaysia saat ini. Kekuatan militernya saat itu tergolong modern karena telah menggunakan meriam yang canggih

Berkat kesuksesan Sultan Iskandar Muda dalam memimpin kerajaan Aceh, pengaruh Islam menjadi sangat kental di semua tempat wilayahnya. Bahkan di seluruh pulau Sumatera.

  1. Peninggalan Kerajaan Aceh

Sebagai kerajaan Islam yang besar dan berjaya hingga negeri sebrang, peninggalannya pun masih dapat kita saksikan hingga saat ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemegahan dan teknologi telah amat merasuk pada pembangunan infrastruktur karena masih berdiri hingga saat ini. Salah satunya adalah Masjid Raya Baiturrahman yang masih kokoh meski diterjang tsunami besar.