Masjid Agung Surabaya

Bicara tentang masjid terbesar di Indonesia, Masjid Istiqlal di Provinsi DKI Jakarta adalah jawabannya. Di bawah Masjid Istiqlal, ada Masjid Al-Akbar atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Agung Surabaya. Masjid yang dibangun pada tahun 1955 ini luasnya mencapai 22,3 ribu meter persegi, sementara kapasitasnya mencapai 36 ribu jemaah.

Masjid Al-Akbar Surabaya yang terletak di wilayah Pagesangan, Surabaya Selatan ini sering dijadikan tujuan wisata religi karena nilai sejarahnya yang tinggi.

Sebagai masjid terbesar kedua di Indonesia, masjid ini memiliki interior dan eksterior yang tak kalah dari Masjid Istiqlal di Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari kubah Masjid Al-Akbar yang sangat megah.

Kubah setinggi 27 meter pada masjid ini berwarna biru yang berpadu dengan warna hijau. Di dalam kubah yang megah tersebut, terdapat corak cantik berbentuk diagonal.

Selain desain interiornya yang memesona, Masjid Agung Surabaya juga memiliki menara yang sangat tinggi, yaitu mencapai 99 meter. Dengan ketinggiannya, menara masjid yang umumnya digunakan sebagai tempat pengeras suara serta untuk mengumandangkan azan  ini pun dapat digunakan untuk melihat keindahan Kota Surabaya dari ketinggian.

Meski fungsi utamanya adalah sebagai tempat ibadah maupun tempat dilaksanakanya majelis kajian agama Islam, Masjid Al-Akbar Surabaya juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas kesehatan seperti poli gigi, poli umum, laboratorium, bahkan bekam.