Makanan Penyebab ASI Tidak Keluar Sehingga Harus Dihindari

Beberapa jenis makanan yang umum dimakan pada saat belum memiliki bayi dapat mengakibatkan penyusutan ASI dan bahkan membuat ASI tidak keluar. Hal ini merupakan sebuah kondisi yang bisa saja disebabkan oleh hal lain tapi makanan juga bisa menjadi akibat dari makanan. ASI bisa terhambat karena jenis makanan dan produk tertentu. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik akan menjadi hambatan pada saat menyusui bayi. Ibu mungkin tidak membarengi ASI dengan susu formula sehingga pada saat ASI tidak keluar masalah yang ditimbulkan menjadi besar. Memiliki pengetahuan mengenai makanan yang perlu dihindari dapat mengatasi masalah ini dengan mudah bahkan sebelum terjadi hal apapun.

Jenis Makanan Umum yang Membuat ASI Tersumbat

Salah satu jenis makanan yang mengakibatkan penyusutan ASI adalah kafein. Semua makanan yang mengandung kafein bisa menghentikan ASI terutama jika produksi ASI memang sedikit. Terbiasa mengonsumsi kafein pada saat kehamilan juga akan membuat ASI sama sekali tidak keluar. Ini juga akan memberikan dampak tertentu secara mental dimana ibu dan bayi sama-sama mudah marah dan sering merasa gelisah. Sudah tidur juga menjadi hal yang sering terjadi pada saat mengonsumsi kafein. Bayi yang susah tidur dan ibu yang harus menangani bayi agar bisa tetap tenang selama bayi bangun juga akan kehilangan waktu istirahat mereka. Bayi tidak akan pernah tenang dan hal ini bisa menjadi sebuah sumber stress yang besar sehingga ASI benar-benar tidak akan keluar. Stress tidak hanya akan dialami oleh bayi tapi juga anggota keluarga lain terutama suami.

 

Hal lain yang bisa menghambat ASI ada susu dan daging yang memiliki kandungan lemak tinggi. Walaupun ASI sebenarnya memiliki kandungan lemak tapi lemak yang terlalu tinggi akan membuat ASI menjadi menggumpal ketika dingin. Hal ini akan menjadi hambatan yang membuat ASI tidak bisa keluar. Selain itu terdapat juga faktor alergi yang akan membuat bayi mengalami masalah pencernaan atau ruam. Ibu yang sangat menyukai daging mungkin akan kesulitan untuk menahan diri ketika bertemu dengan jenis makanan tertentu. Untuk tetap dapat menikmati makanan yang diinginkan dan menyelamatkan bayi dari masalah maka pilihan yang baik untuk digunakan adalah menggunakan botol susu untuk memberikan susu formula untuk sementara. Bayi tetap harus disusui setidaknya satu kali dalam sehari walaupun air susu yang keluar sedikit. Selain itu rajin-rajinlah mengompres payudara dengan air hangat sehingga ASI bisa lebih lancar.

Makanan ysang Membuat ASI Kering

Alkohol adalah salah satu jenis bahan makanan yang selama ini sering dinyatakan sebagai penghambat utama ASI. Ibu hamil dan menyusui benar-benar dilarang untuk mengonsumsi produk ini. Hal ini disebabkan karena berbagai masalah yang dianggap berasal dari alkohol. ASI akan menjadi kering karena alkohol merupakan sebuah produk yang menyebabkan dehidrasi. Jika produk ini masuk ke dalam tubuh bayi maka gangguan seperti frekuensi buang air yang terlalu sering akan menjadi masalah tersendiri. Bahan makanan tertentu yang menghasilkan dan mengandung alkohol juga bisa menjadi memberikan efek serupa pada ibu dan bayi.

 

Peppermint dan berbagai macam produk kacang-kacangan bisa mengeringkan ASI dengan cepat. Ini merupakan bahan makanan yang memang digunakan untuk menghentikan ASI. Jika bahan makanan ini dikonsumsi pada saat menyusui maka efek yang dihasilkan akan tetap sama sehingga ASI yang seharusnya tersedia untuk bayi malah menjadi hilang. Solusi untuk mengembalikan ASI juga cukup mudah yaitu hanya dengan menghentikan konsumsi makanan tersebut.