Makanan Khas Lampung yang Paling Banyak Penggemarnya

Sudah tahukah Anda apa jenis makanan khas Lampung yang paling diburu oleh para pecinta kuliner? Lampung selama ini memang lebih dikenal dengan Tanam Nasional Way Kambas. Namun sebenarnya daerah ini juga memiliki beragam kuliner yang sangat sayang jika dilewatkan.

Artinya, jika kebetulan Anda sedang berkunjung di Lampung, jangan sampai untuk tidak mencoba mencicipi olahan khas Lampung tersebut. Jika memang seperti itu, kira-kira makanan apa yang harus dicoba terlebih dahulu?

  1. Seruit

Seruit bisa dikatakan sebagai kuliner khas Lampung yang paling terkenal. Seruit sendiri terbuat dari ikan yang digoreng atau dibakar lalu dicampur dengan sambal terasi, tempoyak, maupun mangga. Sementara itu untuk ikan yang dipilih umumnya adalah ikan layis, baung, balide, atau jenis ikan sungai lainnya.

  1. Geguduh

Geguduh bisa dikatakan sebagai cemilan tradisional Lampung yang sampai saat ini masih sangat populer. Cemilan khas Lampung ini terbuat dari pisang kepok yang dihaluskan hingga lembut. Setelah itu ditambahkan dengan tepung terigu dan diaduk sampai merata.

  1. Gulai Taboh

Gulai Taboh ini terbuat dari ikan yang dimasak dengan santan. Selain ikan, ada juga kol, rebung, kacang panjang, dan kacang merah yang dimasukkan ke dalamnya. Sementara itu, ikan yang umumnya digunakan adalah ikan tongkol atau ikan tuna.

Selain ketiga jenis masakan yang disebutkan di atas, sebenarnya ada beberapa kuliner khas Lampung yang namanya cukup populer. Makanan khas Lampung yang dimaksud adalah Umbu, Tempoyak, Gabing, Engkak, dan Keripik Pisang.