Makanan Khas Banyuwangi

Banyuwangi yang merupakan pesisir di Jawa Timur ini menyimpan pesona alam yang begitu menakjubkan. Sebut saja Kawah Ijen, Taman Nasional Alas Purwo dan lain-lain. Dan selain keindahan alamnya juga dikenal pula dengan wisata kulinernya yang lezat.

Makanan khas Banyuwangi dibawah ini sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

1. Ayam Pedas

Makanan khas Ayam Pedas ini dibuat dengan menggunakan daging kampung kemudian diolah dengan kuah pedas. Biasanya ayam pedas ini disajikan dengan nasi hangat yang dilengkapi dengan taburan bawang goreng serta krupuk.

2. Telur Petis

Telur Petis atau banyak yang menyebutnya dengan endog cit ini berwarna cokelat dengan rasa gurih dari bumbu petis serta aromanya yang wangi. Biasanya makanan khas ini disantap saat Hari Raya Idul Fitri.

3. Sego Tempong

Sego Tempong ini mudah kita jumpai saat berada di Banyuwangi. Dinamakan dengan sego tempong, mungkin karena adanya sambal mentah yang pedas. Dan saat menikmati sajian ini rasanya pedas seperti di ‘tempong’ atau ditampar.

4. Ayam Kesrut

Ayam kesrut ini merupakan olahan ayam dengan kuah bening dan rasanya yang pedas. Makaann khas ini juga dikenal dengan uyah asem.

5. Pecel Rawon

Makanan khas asal Banyuwangi ini terdiri dari berbagai macam sayur yang direbus kemudian untuk kuahnya yaitu menggunakan kuah kluwek. Penasaran seperti apa rasanya Peeel Rawon? Langsung saja menuju ke Banyuwangi.