4 Ciri Ciri Penulisan Makalah Tentang Korupsi Yang Baik Dan Benar

Di dalam penulisan makalah tentang korupsi, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu bagaimana cara penulisannya yang baik dan benar. Meskipun telah banyak contoh makalah korupsi yang beredar di internet, namun alangkah baiknya jika anda memahami terlebih dahulu ciri ciri penulisan makalah yang baik dan benar berikut ini.

Mengintip Ciri Ciri Dari Penulisan Makalah Terkait Korupsi yang Baik dan Benar

  1. Hindari Penggunaan Bahasa yang Emosional

Korupsi memang menjadi salah satu isu yang cukup membuat banyak orang menjadi geram. Akan tetapi, ketika anda mencoba untuk menulis makalah tentang tema satu ini, disarankan untuk menghindari penggunaan bahasa yang emosional. Hal ini dikarenakan anda perlu untuk memahami ciri penulisan yang baik, yakni nada impersonal.

Pasalnya, tujuan dari penulisan makalah secara akademis adalah berguna untuk menyampaikan argumen maupun sudut pandang yang logis dan objektif. Oleh karena itu, penulisan akademis biasanya akan menghindari penggunaan bahasa yang terkesan emosional atau menghasut dan bahkan mengandung bias di dalamnya.

  1. Berargumen Berdasarkan Bukti

Hal berikutnya yang perlu anda ketahui ketika ingin menulis makalah tentang korupsi adalah  mengungkapkan argumen berdasarkan bukti. Pasalnya, ketika anda menulis secara ilmiah, maka memang harus membutuhkan argumen yang telah terinformasi dengan baik dan benar.

Bahkan untuk pernyataannya sendiri tentu saja harus didukung dengan bukti bukti yang ada dan bersumber dari ilmiah. Hal ini bisa anda lakukan ketika menuliskan makalah penelitian. Selain itu, hasil studi dan juga eksperimen juga menjadi salah satu hal yang perlu untuk anda perhatikan.

Namun, jika anda ingin menulis artikel yang berkaitan dengan esai analisis satar, maka diperlukan kutipan dari teks utama tersebut. Dengan menggunakan bukti bukti penguat akan mampu memberikan kesan bahwa artikel yang anda tulis memiliki kredibilitas dalam mengungkapkan argumennya.

  1. Memiliki Struktur yang Logis

Selain itu, hal lain yang perlu untuk anda perhatikan ketika ingin menuliskan artikel adalah memiliki struktur yang logis. Di dalam penulisannya sendiri, makalah akademis akan mencakup yakni paragraf tubuh, pendahuluan, dan juga kesimpulan. Disini, pendahuluan akan memberikan informasi yakni berupa latar belakang. Hingga menjabarkan terkaut ruang lingkup dan rumusan masalah.

Kemudian, paragraf tubuh atau bagian isi, umumnya akan berisi tentang pernyataan dan pada setiap isi tersebut dijelaskan satu poin pendukung yang terkait dengan pembahasan tersebut. Setelah itu, pada bagian penutup akan dituliskan kesimpulan yang mengacu pada poin poin yang telah dibahas.

Dengan merangkum poin poin utama dari pembahasan dan juga menyoroti adanya implikasi pada isi makalah tersebut, bisa anda tuliskan semuanya pada bagian penutup. Pastikan pula bahwa setiap kalimat dan juga paragraf tersebut anda tulis secara logis dan saling berhubungan antara satu kalimat dengan kalimat yang lain.

  1. Memiliki Fokus yang Jelas.

Dalam penulisan makalah yang berkaitan dengan korupsi, anda juga perlu untuk menetapkan sejak awal fokus yang ingin anda tulis. Sehingga setiap kalimat dan paragraf yang terhubung akan bisa merujuk ke fokus pembahasan tersebut. Walaupun di dalam isinya, anda memang membutuhkan latar belakang hingga informasi lain yang mendukung pernyataan dari isi makalah tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu untuk anda perhatikan ketika ingin membuat makalah dengan tema korupsi yang baik dan benar. Selain memperhatikan struktur penyusunan, konjungsi antara kalimat satu dengan kalimat yang lain antar paragraf memang haruslah berhubungan. Hal ini bertujuan agar nantinya pembaca lebih nyaman dan mengerti isi dari makalah yang anda buat.