Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dengan Tepat

Mengetahui cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi juga sangat penting. Terutama bagi seseorang yang aktivitasnya lebih banyak menggunakan laptop. Contohnya pelajar atau akuntan.

Kerusakan pada keyboard ini sangat wajar terjadi. Apalagi jika penggunaannya lebih sering serta umur pemakaiannya cukup lama.

Sebagai pemilik, sudah semestinya menyadari permasalahan ini. Kemudian, berjaga-jaga dengan mempelajari bagaimana memperbaikinya. Tujuannya supaya tidak pergi ke tukang service terus menerus.

Apalagi jika kerusakan ini terbilang ringan. Artinya, Anda yang bukanlah seorang teknisi masih bisa menanganinya.

Anda membutuhkan cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang Kami paparkan. Caranya sangat beragam. Bergantung pada jenis kerusakan yang terjadi. Misalnya apakah berasal dari software atau hardwarenya.

Untuk memastikannya, dibutuhkan pengecekan. Di sini, Kami akan menunjukkan apa yang sebaiknya Anda lakukan pertama kali. Berikut ini ulasannya!

Restart Laptop Dahulu

Setelah didapati keyboard tidak berfungsi, ada baiknya Anda segera merestart laptop. Restart inilah yang akan mengembalikan fungsi seluruh instalasi dalam perangkat.

Normalnya, sistem akan melakukan update otomatis. Bahkan, cukup membantu pada sebagian pemilik yang laptopnya sedang bermasalah seperti hang.

Restart sendiri memungkinkan sistem untuk melakukan pembaharuan. Bahkan, memulai kinerja sistem dari awal. Jadi, tidak salah bila kerusakan yang ringan dapat ditangani hanya dengan restart.

Apabila tidak dapat direstart, mau tidak mau Anda perlu menekan tombol power. Tekan tombol tersebut selama 5 detik. Maka, laptop akan restart dengan sendirinya.

Bersihkan Permukaan Keyboard

Kotornya keyboard dapat memicu permasalahan pada komponen tersebut. Ini bisa diawali dengan sulitnya untuk menulis sebuah karakter meskipun sudah menekan tombol keyboard.

Atau, tombol ini agak keras ketika ditekan. Ini menandakan bahwa ada kotoran yang terselip di bawah permukaan tombol keyboard.

Selagi mendapati masalah tersebut, awali dengan membersihkannya. Ini juga menjadi salah satu penanganan paling awal. Karena bisa jadi, masalahnya berasal dari penumpukan kotoran.

Untuk membersihkannya, posisikan laptop dalam keadaan OFF. Kemudian, balikkan posisinya dan keluarkan kotoran yang ada.

Anda bisa menggunakan sikat halus. Bisa juga menggunakan vacuum cleaner khusus laptop untuk mengeluarkan debu tersebut.

Apabila sudah bersih, silahkan uji coba. Lihat apakah berhasil atau masih bermasalah. Jika letak permasalahannya dari debu, biasanya pembersihan ini sudah cukup untuk menanganinya.

Perbaiki Pengaturan Keyboard

Faktanya, terkadang pengguna sering mengubah pengaturan dalam laptop. Dan tanpa sadar, pengubahan ini membuat keyboard tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Anda harusnya mengingat tentang apa yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Apabila memang pernah mengubah beberapa settingan, ada kemungkinan jika masalanya berasal dari sini.

Dan cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi ini bisa dilakukan dengan mengembalikan setelan ke posisi awal. Caranya pun sangat mudah.

Pergilah ke menu Start. Kemudian, pilih control panel dan tekan opsi Ease Access. Setelah itu, tekan menu Change Your Keyboard Works.

Pada bagian ini, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Lihat pengaturan pada Turn On Sticky Keys dan Turn On Filter Keys.

Apabila keduanya dalam posisi tercentang, Anda tinggal menghapusnya. Kemudian, setujui dengan menekan OK. Barulah Anda mencoba memastikan dengan menekan keyboard yang awalnya tidak berfungsi.

Update dan Install Driver Keyboard

Jika cara sebelumnya tetap tidak berhasil, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara mendalam. Bisa jadi, ada kerusakan pada drivernya. Bagaimana cara mengetahuinya?

  1. Cara Memeriksa Kerusakan Driver Keyboard

Untuk melakukan pemeriksaan, Anda bisa masuk ke mode BIOS. Langkahnya diawali dengan restart laptop.

Ketika layar laptop baru saja menyala, tekan tombol keyboard secepatnya. Tombol yang dimaksud ini berbeda pada tiap merek. Namun biasanya cukup dengan menekan F10.

Silahkan cari informasinya tentang cara masuk BIOS di tiap jenis laptop. Ketika sudah masuk ke dalam BIOS, cobalah untuk mengoperasikan tanda panah pada keyboard.

Apabila tanda panah ini masih bekerja dengan baik, ini menandakan bahwa keyboard sebenarnya dalam kondisi normal. Hanya saja, software/drivernya yang bermasalah.

Sebaliknya jika tidak dapat bergerak sama sekali, Anda harusnya mengganti keyboard. Karena ini menandakan pada kerusakan hardwarenya.

  1. Cara Mengatasi Driver Keyboard Bermasalah

Setelah menemukan masalahnya berasal dari driver, opsi yang dapat ditempuh bisa melalui dua cara. Pertama ialah melakukan update driver. Kedua ialah menginstall ulang driver.

Untuk update driver ini bisa dilakukan dengan membuka program Device Manager. Cukup klik Start dan ketik program tersebut.

Setelah memasukinya, pilih menu keyboard. Biasanya driver yang bermasalah akan ditandai dengan tanda seru berwarna kuning.

Cukup sorot dan klik kanan pada driver yang bermasalah tersebut. Kemudian pilih opsi Update Driver Software. Sisanya, ikuti perintah sampai selesai. Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi seperti ini bisa Anda temukan di situs NeoTekno.

Lantas, bagaimana jika solusi ini tetap tidak ampuh? Solusi lainnya ialah dengan install ulang driver tersebut.

Langkahnya pun sama seperti ketika update driver. Anda hanya perlu masuk ke Device Manager dan Keyboard. Jika sudah, klik kanan pada driver dan pilih Uninstall.

Selesai melakukannya, cukup restart. Tunggu hingga menyala. Normalnya, driver ini akan terinstall otomatis.

Anda tinggal mencoba untuk memastikan normal tidaknya keyboard. Cobalah dengan mengetik sesuatu. Khususnya menekan tombol yang awalnya tidak berfungsi.

Apabila sudah berfungsi, cara ini berhasil. Anda tidak membutuhkan alternatif lain lantaran masalahnya sudah teratasi.

Restore Windows

Ada kalanya jika langkah sebelumnya pun tidak membuahkan hasil. Maka, cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang bisa ditempuh selanjutnya ialah dengan restore Windows.

Cara melakukannya ialah dengan masuk ke Control Panel. Setelah itu, pilih Back Up Your Computer pada pilihan di System and Security.

Anda akan dibawa masuk ke halaman lain. Di sini, Anda tinggal mengetuk Recover System Settings on Your Computer. Kemudian, ketuk Open System Restore.

Tinggal ikuti petunjuk yang tertera setelahnya. Hingga akhirnya, restore windows akan berjalan secara otomatis.

Anda hanya perlu menunggu hingga proses restore windows ini berakhir. Ini biasanya ditandai dengan rebootnya laptop.

Ketika sudah menyala lagi, Anda bisa mencoba keyboard. Bila letak permasalahannya memang dari driver yang crash dengan software lain, cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi ini akan berhasil.

Tetapi bila semuanya memang tidak berhasil, opsi pamungkasnya ialah membawanya ke tukang service. Setidaknya, teknisi ini yang akan melakukan pemeriksaan hingga perbaikan dengan tepat.

Biasanya, kondisi keyboard yang sudah seperti ini memang hardwarenya rusak. Makanya, solusi terakhirnya ialah dengan melakukan pergantian.

Membawanya ke teknisi ini tentunya jauh lebih aman. Teknisi inilah yang akan membongkar laptop. Kemudian, mengganti keyboard yang baru seperti seharusnya.

Anda pun harus bersiap untuk menyediakan anggaran cukup besar. Ini sudah menjadi risiko dari memiliki laptop.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi. Anda bisa mengawalinya dengan melakukan penanganan sendiri dengan hal yang ringan. Tetapi bila kasusnya berat, Kami sarankan untuk membawanya ke tukang service.