Keselamatan Kerja Di Lab Fisika

 

Kebanyakan fisika mempelajari tentang fenomena disekitar kita yang kemudian dijabarkan dengan rumus yang bisa kita pelajari dan lebih mudah untuk kita rasionalkan di dalam benak kita. Tak luput juga kecepatan yang pasti akan dipelajari di dalam studi ini,kecepatan sangat berkaitan dengan yang namanya waktu,jika terjadi sedikit saja kekeliruan dalam menghitung kecepatan atau mungkin terlambat beberapa detik saja ketika sedang praktikum maka hasilnya pun tidak akan maksimal atau bahkan tidak sesuai dengan harapan kita.

Memperhatikan Waktu di Laboratorium

Praktikum di laboratorium sangat memperhatikan banyak hal,termasuk waktu yang kita butuhkan dalam mempelajari suatu obyek penelitian. Seperti menghitung kecepatan air yang mengalir dari atas turun ke bawah,kemudian gerakan gelombang air yang diberikan gaya atau tekanan, tentunya dalam mempelajari hal tersebut kita harus memperhatikan waktu agar data yang kita sajikan tidak ada kekeliruan atau bisa dibilang kita akan memberikan data yang valid karena berdasarkan penelitian praktikum dengan cara yang sangat teliti.

Dengan memperhatikan waktu tentu kita bisa menghindari sebagian kecelakaan yang mungkin terjadi ketika sedang praktikum,seperti ketika sedang membakar bahan tertentu maka itu harus benar-benar diperhatikan,kalau tidak maka akan memunculkan potensi kebakaran karena kita tahu kalau di laboratorium ada banyak sekali zat yang mudah terbakar. Memperhatikan K3 sangatlah penting ketika sedang berada di laboratorium yang di dalamnya banyak sekali potensi kecelakaan kerja, agar tidak ada hal yang tidak kita inginkan dan demi kenyamanan ketika kita sedang bekerja.

Pentingnya Mempelajari Bahan Praktikum

Dengan mengetahui apa saja nama dan juga zat-zat yang terkandung dalam bahan ketika sedang praktikum, kita sudah meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja di laboratorium, karena kebanyakan  kecelakaan yang terjadi di laboratorium  dikarenakan ketidaktahuan mengenai bahan atau zat yang digunakan dalam praktikum.

Tak lupa juga ketika di laboratorium fisika,kita tetap harus memperhatikan keselamatan bersama bukan hanya diri kita saja,dimulai dari hal yang terkecil yakni memperhatikan sekeliling kita dan mempelajari apa saja yang dapat menimbulkan kecelakaan di waktu kerja. Ketika kita salah meskipun sekecil apapun maka itu akan berakibat fatal dan bisa menjadi masalah yang lebih besar jika tak langsung ditangani. Upaya pencegahan harus dilakukan sedini mungkin,dan salah satu upaya tersebut adalah dengan menjaga keselamatan diri kita terlebih dahulu,kemudian kita harus bisa peka dengan keadaan di sekeliling kita, agar tidak ada kecelakaan di saat kerja.

Laboratorium adalah tempat riset untuk menggali informasi dan juga mendalami sesuatu untuk menemukan ide atau gagasan baru yang bisa digunakan untuk mempermudah kehidupan umat manusia. Seperti dalam pembuatan roket atau mempelajari luar angkasa menggunakan peralatan di laboratorium seperti teleskop dan lainnya, disitu manusia mempelajari mengenai kehidupan di luar bumi dan kemudian melakukan banyak sekali riset yang kemudian memunculkan banyak pengetahuan baru bagi umat manusia terutama di zaman modern ini.

Disamping tentang keseruan riset yang ada di laboratorium, keselamatan adalah hal yang utama, dimanapun berada kita harus bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan,mempelajari banyak hal adalah langkah yang baik agar bisa berhati hati dalam mengambil suatu langkah. Dengan mempertimbangkan banyak hal yang didasari oleh pengetahuan kita itupun juga sangatlah baik, disisi kita bisa meenghindari kecelakaan kerja,kita pun bisa mengetahui banyak hal dan menambah khazanah keilmuan agar bisa memberikan ilmu atau pengetahuan kita kepada orang lain,karena dengan berbagi ilmu maka mungkin saja kita bisa menyelamatkan orang tersebut dari ancaman atau hal yang lain yang mungkin tidak kita ataupun orang lain inginkan terjadi.