Keajaiban Alam Danau Siombak

Medan kaya dengan keajaiban alam yang tidak terkenal di kalangan penduduk lokal dan pengunjung. Danau Siombak adalah salah satu dari sedikit tempat wisata khas di kota tempat Danau Toba berada. Desa Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Sumatera Utara adalah rumah bagi Danau Siombak.

Danau Siombak adalah tempat liburan akhir pekan yang populer bagi penduduk Kota Medan; wisatawan biasanya menghabiskan waktu mereka memancing dan beristirahat sambil menikmati keindahan. Dari segi sejarah, tidak banyak yang bisa diceritakan tentang latar belakang terciptanya Danau Siombak. Danau ini digali dari limbah pada 1980-an untuk pembangunan proyek jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (BELMERA), menurut informasi dari mulut ke mulut.

Danau Siombak Punya Luas 12 Meter

Jauh dari jalan, danau ini memberikan kesunyian yang damai dan relatif tenang karena kurangnya kota-kota terdekat. Danau buatan ini memiliki luas sekitar 40 hektar dan memiliki kedalaman sekitar 12 meter. Pemandangannya sangat hijau dan alami. Pepohonan di tepi danau menjadi daya tarik utama untuk mempercantik danau dan memberikan perlindungan bagi pengunjung. Saat hari libur dan akhir pekan, Danau Siombak cukup ramai.

Kekhasan Danau Siombak bermula dari letaknya yang berada di antara dua sungai, yaitu Sungai Air Terjun dan Sungai Deli yang membentuk muara. Terlepas dari kenyataan bahwa airnya payau dan agak asin, tidak ada batang bakau yang tumbuh di dekat laut, seperti di muara atau kolam. Disana terdapat penginapan, kolam renang anak, korsel, dan permainan luar ruangan adalah sejumlah fasilitas yang bisa Anda nikmati. Wahana air seperti perahu motor, perahu dayung, perahu bemper, perahu dayung, speed boat, dan sepeda air juga tersedia.

Danau Siombak Begitu Luas

Wilayah Danau Siombak sangat luas; Selain danau utama, terdapat kolam buatan untuk kano bebek dan kolam pemancingan. Jadi, jika Anda melihat kawasan Danau Siombak dari jalan, ada dua sisi: danau utama, yang memiliki area bermain anak-anak dan pondok keluarga, dan sisi lain, yang memiliki kafe, restoran Danau Siombak, kolam perahu bebek. , dan kolam pemancingan.

Biaya masuknya Rp. 2.000, ditambah Rp. 2.000 biaya parkir. Harga sewa cottage berkisar antara Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000. Untuk menuju Danau Siombak tidaklah sulit. Lanjutkan di jalan utama Marelan Raya melewati Pajak Marelan sampai Anda mencapai Gerbang Museum Kota Cina. Gerbang Selamat Datang di Danau Siombak tidak jauh dari hotel. Arahkan mobil Anda ke Jalan Pasar Nippon dari pintu masuk, dan lanjutkan hingga Anda mencapai Danau Siombak.