Jenis Rumput Liar Yang Baik Untuk Kesehatan

Rumput liar merupakan jenis rumput yang habitatnya tumbuh liar di berbagai tempat.Mulai dari lapangan, pekarangan rumah, hingga pinggiran selokan.Karena tumbuh liar inilah rumput ini sering kali dibuang. Hal ini dikarenakan, seringkali tanaman ini dianggap mengannggu keindaan taman. Ditambah dengan tumbuhnya yang cepat tentunya dapat menganggu ruang tumbuh tanaman lainnya.

Namun, tahukah Anda jika beberapa jenis rumput liar memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan? Sebut saja putri malu. Putri malu atau yang memiliki nama latin Mimosa Pudica ini ternayata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Mulai dari menyembuhkan batuk, pilek, masalah pernapasan, hingga insomnia atau gangguan tidur.

Tidak hanya itu saja, batang dari tanaman ini juga sering digunakan untuk membersihkan gigi dan menghilangkan bau mulut. Selain putri malu, ada juga anting-anting. Anting-anting atau yang memiliki nama latin Acalypha Austalis Linn ini merupakan jenis rumput liar yang kerap dijumpai di tanah lembab. Bunganya berbentu seperti untaian mutiara berwarna hijau.

Maka dari itu dinamakan anting-anting. Tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Sebab, rumput kiar ini berkhasiat mengatasi pendarahan pada luka, menghentikan darah mimisan, membantu mempercepat penyembuhan luka, mengobati gatal-gatal, hingga meredakan diare. Selain itu, anting-anting ini juga memiliki sifat antioksidan.

Salain putri malu dan anting-anting tentunya masih banyak lagi rumput liar yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Misalnya, daun kentut, bayam duri, meniran, dan alang-alang.