Ide Kitchen Set Minimalis Dapur Kecil Buat Dapur Lebih Ringkas

Memiliki ruang dapur yang kecil ditambah segala peralatan dapur begitu banyak akan terasa berantakan jika tidak ditata dengan benar. Oleh karena itu dibutuhkan kitchen set minimalis dapur kecil sehingga dapur terkesan lebih ringkas, rapi dan bersih.

Tidak terbayang apabila kondisi dapur bergelantungan peralatan dapur yang ditata sembarang, kan? Kondisi ini bukan hanya membuat dapur terkesan berantakan saja melainkan juga membuat seseorang merasa malas dan tidak betah di dapur. Dengan adanya kitchen minimalis yang fungsional akan membuat dapur lebih tertata dengan baik.

Ide Kitchen Set Minimalis Dapur Kecil yang Bagus

Dapur kecil memang membutuhkan dekorasi tambahan agar dapur terkesan ringkas yakni dengan penggunaan kitchen set. Kitchen set merupakan lemari kabinet untuk menyimpan segala perabotan dapur mulai dari perlengkapan masak, peralatan makan hingga peralatan rumah tangga lainnya.

Furniture dapur kecil ini memiliki peran yang tidak kalah penting. Selain membuat dapur lebih ringkas, apabila penataan kitchen dilakukan dengan rapi dan kondisi lebih bersih juga akan menunjang tampilan rumah semakin menawan. Terlebih jika dapur tersebut didesain secara sengaja lebih terbuka.

Daripada penasaran, Mirach Interior menawarkan beberapa ide kitchen set minimalis dapur kecil yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk menata ruang memasak Anda:

  1. Kitchen Set Rak Terbuka

Bagi Anda yang memiliki ketelitian serta kerapian maka tidak ada salahnya memilih kitchen set dengan rak terbuka. Untuk beberapa orang, apabila tidak memiliki keterampilan dalam penataan ruang cukup tidak cocok dengan model rak terbuka seperti ini. Namun, bukan berarti tidak bisa melainkan Anda harus menatanya lebih ringkas.

Rak terbuka biasanya hanya digunakan untuk meletakkan barang dapur yang sering digunakan. Selain itu, bumbu dapur dan makanan juga ditata dengan rapi di rak tersebut. Tidak melulu bumbu dapur namun Anda bisa menambahkan aksesoris untuk menunjang ruang lebih cantik.

  1. Kitchen Set Bergaya Natural

Konsep back to nature sepertinya kembali menjadi sorotan untuk satu dekade terakhir. Hal ini dikarenakan peningkatan suhu bumi membuat banyak orang berbondong untuk membuat lingkungan menjadi lebih natural, adem dan nyaman.

Begitu pula pada dapur, Anda dapat mengusung konsep ini dengan menambahkan aksesoris tanaman hijau. Selain itu, penggunaan material kayu menjadi sorotan utama untuk konsep natural tersebut. Kitchen set warna kayu ini lah yang memberikan sentuhan natural lebih kental dan adanya tanaman menambah ruang menjadi terkesan lebih sejuk.

  1. Kitchen Set Retro

Bagi Anda yang ingin nuansa baru pada dapur kecil Anda maka tidak ada salahnya untuk memilih konsep retro. Secara umum, konsep retro ini didapatkan pada dapur dengan kitchen set bermaterial kayu atau pun sejenisnya namun tampilan warna lebih mencolok.

Anda juga dapat menggunakan rak gantung dengan perpaduan kaca sehingga memperlihatkan bagian dalam penyimpanan. Jika penggunaan kaca pada rak gantung maka Anda perlu penataan yang lebih teliti sehingga bagian rak dapat terlihat lebih rapi.

  1. Kitchen Set Tema Monokrom

Apakah Anda menyukai konsep monokrom? Tidak hanya pada fashion saja, konsep monokrom juga bisa Anda terapkan pada bagian dapur mungil Anda. Perpaduan antara hitam dan putih ruangan membuat dapur terasa lebih bersih.

Selain itu, penataan pada ruang dapur dengan warna monokrom juga akan membuat ruang menjadi lebih luas. Untuk mempercantik ruang, Anda bisa menggunakan wallpaper atau ubin pada bagian tembok kitchen set dengan konsep batu bata warna putih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan peralatan dapur hitam putih untuk menunjang warna dapur lebih kontras.

  1. Kitchen Set Dengan Lemari Tanpa Pegangan

Konsep minimalis yang saat ini banyak digemari adalah konsep minimalis dengan gaya yang lebih modern. Hal ini juga berlaku pada kitchen set sehingga ruang terasa lebih modern bahkan Anda akan terasa berada di cooking show.

Untuk menunjang konsep minimalis moder maka Anda bisa menggunakan lemari tanpa pegangan. Model kitchen set semacam ini banyak disukai karena terkesan ringkas dan elegan terlebih penggunaan warna putih.

Penataan Kitchen Set Minimalis Dapur Kecil

Jika Anda merasa kerepotan atau tidak ahli dalam penataan ruang maka membutuhkan berbagai referensi di bidang ahlinya. Tentu cukup memakan banyak biaya apabila Anda mendatangkan desain interior khusus pada dapur ini.

Agar lebih hemat, Anda bisa menata sendiri dengan panduan di sini. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah dimensi dapur. Sesuaikan penggunaan kitchen set dengan dimensi dapur sehingga ruang terasa lebih lega. Selanjutnya, Anda lakukan penataan dapur secara urut sehingga akan memudahkan Anda dalam beraktivitas di dapur.

Urutan penataan dapur bisa dilihat ketika Anda memasak, Anda akan merasa kesulitan apabila peralatan memasak Anda tersimpan di tempat-tempat yang acak. Anda bisa menempatkan alat masak sesuai kebutuhan. Begitu pula pada peralatan makan, simpan sendok, gelas, piring di tempat yang berdekatan.

Demikian ulasan singkat tentang ide kitchen set minimalis dapur kecil. Referensi ide Mirach Interior di atas bisa Anda jadikan sebuah rujukan ketika akan membuat dapur atau sedang relayout dapur mungil Anda.