Penting! Ketahui Tipe, Spesifikasi, dan Harga Motor Satria FU Bekas Sebelum Membeli

Suzuki Satria FU pernah menjadi idola dan populer pada jamannya. Namun semakin pesatnya perkembangan dunia otomotif, motor tersebut semakin terabaikan. Namun masih ada beberapa kalangan yang masih meliriknya. Apalagi harga bekasnya yang kini jauh berbeda dengan saat keluaran terbarunya. Sebelum membelinya, pastikan mengetahui tipe, spesifikasi, dan harga motor Satria FU bekas berikut ini.

Tipe-Tipe dan Spesifikasi Motor Satria FU 150

  1. Satria FU-150 CBU 2004-2006

Sebagian orang masih belum mengerti apakah maksud kode yang diberikan pada tipe motornya. Sama halnya dengan kode yang ada pada tipe motor berikut ini. Meski memiliki kesamaan jenisnya, namun pada motor Suzuki Satria FU-150 CBU ini tertera kode CBU (Completely Build Up) dibelakangnya. Artinya, bahwa motor tersebut merupakan import dalam keadaan full alias lengkap keseluruhan rakitannya.

Sedangkan tahun yang tersemat merupakan tahun keluaran motor tersebut. Dengan adanya perbedaan tahun pengeluaran motor juga mempengaruhi harga penjualannya. Semakin baru edisi tahun keluarannya, maka semakin mahal. Berbalik dengan harga penjualan motor satria bekas, yang semakin lama tahun keluaranya maka semakin menurun atau lebih murah.

  1. Satria FU-150 CKD 2006-2008

Berbeda dengan tipe sebelumnya, pada tipe motor Suzuki Satria FU-150 CKD (Completely Knock Down) keluaran tahun 2006-2008 ini memiliiki artian bahwa motor tersebut adalah jenis motor Satria yang beberapa sparepartnya sudah mengalami kombinasi dari Indonesia (lokal). Namun bukan secara keseluruhan, masih ada beberapa part yang menggunakan produk import .

  1. Satria FU-150 SCD 2008- Sekarang

Setelah melihat perbedaan dari kedua jenis di atas, tipe motor Satria FU-150 SCD (Semi Knocked Down) pada tahun keluaran 2008 hingga sekarang, telah menggunakan keseluruhan part, body, casis, hingga engine yang berasal dari lokal atau dari Indonesia. Tipe motor satria yang dilengkapi dengan sistem elektrik dan kick stater tersebut juga dirakit langsung di Indonesia.

Tips Sebelum Memilih dan Membeli Motor Satria FU Bekas

  1. Tentukan Tipe Motornya

Setelah mengetahui perbedaan dan jenisnya di atas dan memutuskan untuk membelinya, pastikan jika Anda mengetahui tipe dan jenis motor yang ditawarkan. Tipe dan juga keluaran tahun berapa motor tersebut juga menjadi perhatian penting sebelum Anda resmi membelinya. Dengan mengetahui tipe dan tahun keluaran motor membuat Anda lebih meudah mengenali kelebihan  motor dan pasaran harganya.

  1. Lebih Baik Cari Penjualnya langsung, Bukan Lewat Showroom

Tips yang kedua sebelum Anda membeli motor bekas tersebut, alangkah baiknya jika Anda lebih mencari penjual atau pemiliknya langsung dan hindari pembelian melalu showroom motor. Tips ini berfungsi agar Anda lebih leluasa dalam melakukan penawaran atau negosiasi dengan pemiliknya, dan mendapatkan harga sebaik mungkin daripada melalui perantara showroom atau melalui makelar.

Sebelum melakukan negosiasi dengan penjual motornya, pastikan Anda juga mengetahui harga dari spesifikasi motor yang ditawarkan. Harga motor Satria FU bekas 150 keluaran tahun 2014-2018 masih dibandrol dengan harga 9-12 juta rupiah. Satria FU 150 bekas keluaran tahun 2008-2012 dibandrol dengan harga kisaran 7 juta. Sedangkan pada keluaran tahun 2004-2006 adalah 3-4 juta di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

  1. Cek Kelengkapan Suratnya

Setelah menemukan penjual motornya dan melakukan penawaran, penting juga untuk selalu waspada dalam mengetahui kelengkapan surat-suratnya sperti, BPKB, STNK, dan Fakturisasi Pajak Motor . Hal itu bertujuan untuk menghindari hal-hal  negatif seperti, motor bodong atau motor hasil curian. Dan memastikan bahwa kendaraan tersebut bukan hasil motor pindah tangan akibat leasing yang macet.

Nah, itulah beberapa tips, harga,  dan juga sejumlah informasi dalam mengetahui tipe motor satria FU 150 sebelum Anda melakukan pembelian motor bekas. Bagi Anda yang berada di wilayah Yogyakarta, Semarang, dan sekitarnya, bisa membeli kendaraan bekas melalui marketplace dan manfaatkan Ekspedisi Jogja sebagai jasa ekspedisi yang sudah terpercaya.