Gunung Kawi

Gunung Kawi merupakan gunung berapi yang sudah lama tidak aktif hingga dijuluki sebagai Gunung Putri Tidur. Gunung ini terletak di sebelah barat daya Kabupaten Malang, yang berbatasan dengan Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Hingga kini tidak ada catatan sejarah mengenai letusan gunung ini. Gunung Kawi terkenal karena adanya tempat ziarah Pesarean Gunung Kawi.

Banyak yang salah mengira bahwa Gunung Kawi ini adalah Gunung Buthak. Padahal faktanya Gunung Buthak merupakan puncak tertinggi Gunung Kawi yaitu 2880 mdpl. Panorama pegunungan di sekelilingnya yang sangat indah, juga pemandangan kota Batu di sebelah Utara, Kota Malang sampai Kepanjen di sebelah timur.

Selain itu pemandangan asri waduk Karangkates atau biasa disebut Bendungan Sutami berada di sisi selatan, serta Kota Wlingi Blitar Di sisi barat dengan view perkebunan teh Sirah kencong semakin membuat pemandangan menakjubkan.

Tak heran jika Gunung Kawi juga menjadi tempat favorit bagi pendaki. Untuk dapat mencapai puncak, ada beberapa jalur pendakian yang bisa ditempuh, seperti :

Jalur Panderman Kota Batu, Jalur Mrinci Kota Batu. Jalur Precet, Wagir, Kabupaten Malang. Jalur Kraton Gunung Kawi, dan

Jalur Kebun teh Sirah Kencong, Wlingi Blitar.

Selain pemandangannya yang elok, di Gunung Kawi juga terdapat mata air yang berada tepat di bawah puncaknya. Sehingga ketersediaan air aman jika pendaki yang kehabisan air untuk survival.