Gampang, Ini Cara Mengubah Layar Komputer menjadi Normal

Saat ini, penggunaan komputer atau laptop amat penting. Hal ini karena banyak pekerjaan yang mengharuskan menggunakannya. Untuk itu, kenyamanan saat digunakan adalah faktor terpenting agar pekerjaan dapat selesai lebih cepat. Layar komputer atau laptop merupakan bagian terpenting untuk pengguna. Segala tindakan atau perintah yang dijalankan akan terlihat pada layar.

Tentu akan mengganggu bila tiba-tiba layar mengalami perubahan. Apalagi jika kita dalam kondisi ingin cepat-cepat selesai dan perangkat tiba-tiba terganggu. Misalnya layat yang tiba-tiba membesar ataupun mengecil tanpa kita tahu sebabnya.

Cara Mengubah Layar Komputer menjadi Normal

Kenyamanan sat bekerja di depan komputer atau laptop kemungkinan juga dapat dipengaruhi oleh keadaan layarnya. Kondisi penuh, dengan intensitas cahaya yang mencukupi akan membuat waktu bekerja menjadi terasa lebih cepat karena nyaman dalam bekerja. Namun, hal ini akan berbeda jika terjadi gangguan pada layar sehingga membuat tidak fokus bekerja.

  1. Layar Mengecil dan Membesar

Layar yang tiba-tiba mengecil kadang tidak disadari oleh pengguna sedang memencet tombol apa sehingga tidak mengetahui bagaimana cara mengubah layar komputer menjadi normal kembali. Untuk membuatnya seperti sedia kala, sebenarnya cukup mudah. Anda dapat menekan tombol “Ctrl” dan “+”. Maka layar akan membesar kembali. Sebaliknya “Ctrl” dan “-“ maka layar akan mengecil kembali

Jika cara tersebut tidak berhasil, maka dapat Anda dapat mencoba dengan cara klik kanan mouse pada desktop. Kemudian klik “Screen Resolution”. Maka Anda akan dibawa ke halaman muka yang baru dan atur ukuran layar sesuai dengan yang di rekomendasikan. Ukuran ini adalah yang disesuaikan dengan besarnya laptop atau komputer.

  1. Menormalkan Layar yang Terbalik

Pada dunia kerja, ada saja rekan yang suka menjahili teman lainnya. Misalnya Ketika Anda meninggalkan computer atau laptop yang tidak terkunci, mereka memainkannya dengan membalik layarnya. Tujuannya agar Anda kebingungan saat akan bekerja kembali. Namun, jangan khawatir. Untuk mengembalikan posisinya seperti semula sangat mudah. Berikut langkahnya.

  • Untuk membalikkan layar dari bawah ke atas caranya yaitu Anda tekan tombol “Ctrl”, “Alt”, “↑” secara bersamaan.

  • Untuk membalikkan layar dari atas ke bawah caranya yaitu Anda tekan tombol “Ctrl”, “Alt”, “↓” secara bersamaan.

  • Untuk membalikkan layar dari kiri ke kanan caranya yaitu Anda tekan tombol “Ctrl”, “Alt”, “→” secara bersamaan.

  • Untuk membalikkan layar dari kanan ke kiri caranya yaitu Anda tekan tombol “Ctrl”, “Alt”, “←” secara bersamaan.

  1. Layar Hitam Putih

Saat mengetik yang terburu-buru, kadang jari akan tidak sengaja memencet suatu perintah tertentu yang berakibat pada perubahan layar komputer menjadi hitam putih atau abu-abu putih. Tentu hal ini tidak enak untuk dipandang. Anda dapat mengembalikan kondisi semula dengan cara berikut ini:

  • Klik “Start Menu”

  • Klik “Settings” atau dapat langsung menekan tombol shortcut yaitu Windows+I

  • Klik “Ease of Access”

  • Klik menu “Color filters”, klik turn on pada bagian “Use color Filters”, maka kondisi layar akan kembali seperti semula.

Tutorial servis seperti ini, akan banyak Anda dapatkan saat mengakses website tutorialservis.co.id. Selain itu, juga dapat menambah pengetahuan tentang hal-hal yang berhubungan dengan sistem komputer.

Tips Merawat Komputer

Laptop atau komputer yang sehari-hari dipakai juga perlu dirawat dengan baik agar dapat tahan lama dan tidak mudah mengalami kerusakan saat digunakan. Ada berbagai cara untuk dapat merawatnya, antara lain:

  • Kebersihan

Membersihkan komputer atau laptop mungkin pada sebagian orang menjadi malas. Kegiatan sepele ini ternyata besar manfaatnya. Adanya debu-debu yang menempel pada permukaan lambat laun akan dapat masuk ke bagian dalamnya. Akibatnya komponen akan terganggu karena tumpukan debu sehingga menggangu kinerja. Untuk itu, sempatkanlah unutk membersihkannya setidaknya seminggu sekali.

  • Menjaga Kestabilan Daya

Untuk dapat hidup, baik laptop ataupun komputer membutuhkan daya listrik. Jika laptop dapat melalui baterainya, maka komputer langsung dari jaringan listrik. Agar dapat digunakan dengan baik, maka jagalah dayanya tetap stabil dan baterai yang mencukupi di laptop.