Fungsi Hutan Bakau Bagi Lingkungan

Hutan Bakau dikenal juga dengan Hutan Mangrove. Yakni sebuah hutan yang tumbuh di air payau serta dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Hutan ini dapat tumbuh khususnya di tempat yang terjadi pelumpuran serta akumulasi bahan organic.

Sejuta Fungsi Hutan Bakau Bagi Lingkungan

Hutan mangrove atau bakau ini memiliki banyak sekali manfaat. Hutan ini juga menjadi salah satu cara mencegah terjadinya abrasi serta intrusi air laut. Berikut penjabaran selengkapnya:

  • Berfungsi Sebagai Rantai Makanan. Hutan ini merupakan salah satu rantai makanan yakni sebagai penyedia makan untuk para hewan laut.

  • Menjadi Pelindung Pantai. Pohon bakau yang tumbuh di tepian pantai dapat melindungi dataran dari terjangan ombak besar.

  • Mampu Menjernihkan Air. Sebuah pantai yang memiliki hutan bakau, airnya akan cenderung lebih jernih. Dibanding pantai tanpa pohon bakau.

  • Menjadi Katalis Tanah Dari Air Laut. Adanya deretan pohon bakau akan menjadi pelapis yang lebih padat.

  • Memiliki Dampak Ekonomi. Pohon bakau juga dapat dimanfaatkan oleh manusia. Seperti diolah menjadi sebuah kerajinan yang menarik.

Mengingat banyaknya manfaat dari pohon bakau. Pelestarian pohon ini harus selalu dijaga. Penanaman terus menerus juga harus mulai digalangkan. Adanya hutan ini juga berpengaruh pada ekosistem hewan laut. Oleh karenanya, semua orang harus mulai sadar dengan pelestarian lingkungan.