Fakta Menarik Gunung Kawi, Dari Cerita Mistis Hingga Pesugihan

Gunung yang terletak di daerah Malang Jawa Timur ini konon memiliki cerita yang berkaitan dengan hal-hal mistis dan ritual-ritual yang sering dilakukan di gunung tersebut. Untuk mengetahui fakta menarik seputar Gunung Kawi dan cerita-cerita mistis yang berkembang dilingkungan masyarakatnya, simak informasi menarik berikut ini.

Mitos Pohon Dewandaru dan Lokasi Pesugihan

Pada masa itu terdapat penjaga yang beranama  kanjeng Zakaria II atau yang biasa dipanggil Eyang Soedjogo. Beliaulah yang menjaga wilayah kawasan gunung tersebut hingga akhir hayatnya. Semasa hidupnya, beliau pernah menanam pohon Dewandaru yang merupakan perwujudan tongkatnya.

Hingga kini dipercaya bahwa bagian pohon tersebut seperti ranting, buah dan daunnya dianggap bisa mendatangkan rezeki dan kekayaan bagi siapapun yang mendapatkannya. Namun tidak diperbolehkan memetik bagian pohon tersebut kecuali pohon tersebut menggugurkan daunnya sendiri.

Lokasi gunung tersebut sudah terkenal sebagai tempat mencari pesugihan atau tempat orang bertapa unuk mengharap kekayaan. Dahulu terdapat bangunanyang merupakan tempat sang Prabu Kameswara seorang pangeran dari kerajaan Kediri yang beragama Hindu.

Tempat tersebut dahulu digunakan sebagai tempat bertapa sang prabu agar bisa menyelesaikan kekacauan politik yang sedang terjadi di kerajaannya. Namun sekarang telah difungsikan beberapa orang dengan tujuan tidak baik seperti mengaharap kekayaan secara instan atau yang disebut pesugihan.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai keberadaan mitos di lereng Kawi dan juga lokasi yang sering dijadikan tempat pemujaan roh demi mengharap kekayaan. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan pengetahuan bagi Anda yang ingin mendaki gunung tersebut dan lebih bijak serta berhati-hati saat memasuki wilayah manapun.