Manfaat dan Efek Samping Daun Kelor Yang Wajib Diketahui

Moringa atau lebih dikenal dengan nama Daun Kelor di Indonesia adalah jenis daun kaya nutrisi yang berasal dari pohon Moringa oleifera asalnya dari India. Khasiat dari daun ini telah digunakan selama berabad-abad dalam budaya Timur untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Penelitian modern menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu menurunkan kolesterol, menyeimbangkan gula darah, dan mengatasi masalah kesehatan lainnya.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Di dalam kandungan daun, kulit kayu dan biji pohon kelor kaya akan bahan yang baik untuk kesehatan seperti antioksidan, asam amino, vitamin dan mineral. Daun kelor mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh dan sangat baik untuk kesehatan. Biji pohon kelor merupakan sumber yang kaya akan Vitamin C, dan mengandung asam oleat dalam jumlah tinggi, serta mengandung asam lemak yang bermanfaat seperti kandungan yang terdapat minyak zaitun.

Dalam pengobatan herbal, daun kelor sering digunakan untuk meredakan sakit kepala, merangsang sistem kekebalan tubuh, meredakan sembelit, meningkatkan libido dan meningkatkan penurunan berat badan. Daun kelor bisa dikonsumsi dengan dibuat menjadi smoothie, diminum untuk dijadikan teh atau dengan cara lainnya.

Efek Samping Daun Kelor

Walaupun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi daun kelor juga memiliki beberapa efek samping penggunaannya. Berikut ini ada beberapa efek samping daun kelor jika dikonsumsi secara berlebihan seperti :

  • Menyebabkan gangguan perut

  • Membuat mual dan muntah

  • Menyebabkan Diare

  • Meningkatkan resiko keguguran