Rumus, dan Contoh Soal Past Tense

Simple past tense adalah sebuah bentuk dari past tense dalam Bahasa Inggris. Kalimat ini adalah kalimat yang akan digunakan untuk memberikan keterangan waktu yang sudah terjadi di masa lalu. Untuk fungsi dari simple past tense sendiri untuk menjelaskan atau memberikan informasi tentang kejadian dan juga Tindakan yang sudah pernah terjadi dan juga berakhir di masa yang lalu. Untuk kata kerja yang akan digunakan pada past tense sendiri adalah bentuk dari kata kerja kedua atau verb 2.

Belajar Materi Past Tense

Bagi beberapa orang yang hobi membaca pasti akan sering menemukan beberapa kata dan kalimat yang sudah pernah terjadi atau sudah terjadi pada masa yang lalu. Kalimat ini sendiri adalah kalimat yang penting untuk dipahami apalagi untuk menunjukkan dan juga memberikan keterangan pada waktu. Nah, untuk beberapa rumusnya diantaranya adalah:

  • Kalimat Positif (+)

Rumus:

Subject + verb2/ to be (was/were) + Object/adverb

Contoh kalimat:

-Two year ago, the building was opened for the public. (Dua tahun yang lalu, bangunan

telah dibuka untuk publik)

-My grandfather was born in 1927. (Kakek saya lahir di tahun 1927)

-He was in Bandung yesterday. ( Dia (laki-laki) ada di Bandung kemarin)

  • Kalimat Negatif (-)

Rumus:

Subject + did not / didn't + Verb1 + Object/ Complement Atau Subject + (was/were) + not + Object/Complement

  • Kalimat Interogatif (?)

Rumus:

-Did + Subject + Verb1 + Object/Complement + ? atau

-Was/were + Subject + Nonverb/Complement + ?

Contoh kalimat:

-Did you play basketball with Andi yesterday? (Apakah kamu bermain bola basket bersama Andi kemarin?)

-Was she happy on her graduation day a month ago? (Apakah dia (perempuan)

bahagia di hari kelulusannya bulan lalu?)

-Did he exercise last morning? ( Apakah dia (laki-laki) olahraga pagi kemarin?)

Informasi Tambahan Materi Past Tense

Pada saat Anda akan memberikan keterangan terkait sesuatu yang akan terjadi, biasanya simple past tense ini akan digunakan. Untuk simple past tense sendiri juga akan menggunakan beberapa keterangan waktu tertentu yang diantaranya adalah:

  • Bagian untuk menjelaskan frekuensi seperti often, sometimes dan always.

  • Untuk menjelaskan sebuah waktu yang pasti seperti last week, yesterday, six months ago.

  • Untuk menjelaskan sebuah waktu yang tidak atau belum pasti: the other day, a long time ago.

Untuk jenis dari kalimat past tense sendiri adalah kalimat yang nantinya akan digunakan untuk menjelaskan kegiatan maupun kebiasaan yang terjadi pada waktu tertentu yang ada di masa yang lalu. Seperti seberapa jauh jarak waktu sampai saat ini sampai kegiatan yang sudah pernah dilakukan tidak ada gunanya atau tidak perlu dibahas Kembali.

Di dalam simple past tense, ada beberapa materi tambahan yang juga penting untuk dipahami seperti past continuous tense, past perfect tense, past perfect continuous, dan lainnya. Semua jenis dari keterangan waktu di masa lalu ini juga memiliki bentuk dan rumus kalimat yang akan berbeda-beda dalam penggunaannya sendiri.

Untuk lebih memahami tentang pelajaran Bahasa Inggris khususnya belajar grammar, maka Anda wajib untuk mempelajarinya dengan tenaga pengajar. Tenaga pengajar yang sudah professional dan juga berpengalaman pastinya akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan tenaga pengajar yang professional dan sudah berpengalaman, salah satu jasa terbaik yang bisa dipilih adalah mendapatkan tempat kursus Bahasa Inggris di Jakarta Pusat.