Ciri Khas dan Nama Rumah Adat Papua

Keindahan alam tanah Papua sudah terkenal hingga ke luar negeri. Selain itu, wilayah bagian timur Indonesia ini juga memiliki warisan budaya yang tidak kalah terkenal yaitu rumah adat. Apa nama rumah adat Papua?

Pertanyaan ini sering kali ditanyakan oleh banyak orang terutama para pelajar yang baru belajar mengenal tentang warisan budaya nusantara. Jawaban atas pertanyaan tersebut akan dijawab di dalam artikel ini.

Jenis, Ciri Khas, dan Nama Rumah Adat Papua

Rumah adat Papua yang sangat terkenal dengan ciri khas bentuknya yang menyerupai jamur. Nama rumah adat ini adalah rumah adat Hanoi. Namun, sebenarnya ada juga rumah adat Papua yang bernama rumah adat Ebe’ai.

Apa perbedaan rumah adat Hanoi dan rumah adat Ebe’ai? Perbedaannya terletak dari aturan di dalam rumah adat tersebut. Rumah adat Hanoi hanya boleh dimasuki oleh para lelaki saja.

Para perempuan tidak boleh memasuki rumah adat Hanoi meskipun di dalamnya terdapat suami atau anaknya. Sedangkan rumah adat Ebe’ai boleh dimasuki perempuan dan laki-laki.

Wah, unik juga ya aturannya. Menariknya rumah adat Ebe’ai memiliki fungsi lain selain digunakan sebagai tempat tinggal. Rumah adat Ebe’ai digunakan juga untuk mendidik anak-anak perempuan.

Jadi, kini Anda sudah mengetahui nama rumah adat Papua dan jenis serta ciri khasnya ya. Tentunya kedua jenis rumah adat tersebut memiliki keunikan dan fungsinya masing-masing.