Tips dan Cara Tanam Anggrek Sampai Berbunga untuk Pemula

Anggrek termasuk tanaman hias populer yang perawatannya cukup membutuhkan ketelitian. Namun jika sudah berhasil berbunga, kecantikannya yang rupawan dapat menambah indah pekarangan rumah. Itulah mengapa banyak orang yang tertarik untuk menanam anggrek. Berikut tips dan cara tanam anggrek yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Cara Menanam Bunga Anggrek di Rumah

  1. Pilih Jenis Bunga Anggrek

Anggrek adalah tanaman yang disebut sebut punya varietas yang hampir tak terbatas. Pasalnya di wilayah tropis basah sampai sirkumpolar saja, spesiesnya bisa ditemui lebih dari 30.000. Jadi anda bisa memilih salah satu jenis yang ingin ditanam sesuai selera. Namun untuk pemula, sebaiknya pilih yang mudah seperti cattleya, phalaenopsis, dan paphiopedilum.

  1. Siapkan Media Tanam

Apabila anda sudah memilih salah satu jenis anggrek yang ingin ditanam, maka selanjutnya siapkan media tanamnya. Tidak seperti bunga lainnya, anggrek membutuhkan ruang untuk bernapas. Sehingga anda perlu menyiapkan pot yang longgar dan berpori. Misalnya dengan menggunakan campuran akar pakis yang berongga dengan arang.

  1. Tanam Bunga Anggrek

Anda sudah punya bibit dan media tanam, tentu langkah selanjutnya adalah menanam bunga anggrek. Namun sebelum itu, pastikan bahwa tidak ada akar tanaman yang busuk. Apabila anggrek tidak bisa berdiri tegak setelah ditanam, anda bisa menggunakan kawat yang dililitkan di sisi pot untuk menyangganya.

  1. Perawatan Anggrek

Agar bunga anggrek tumbuh dengan baik, anda perlu merawat serta menyiramnya secara berkala. Pastikan tanaman mendapat sinar matahari yang cukup, tidak terlalu sedikit maupun terlalu banyak. Lalu jangan lupa ganti pot dua tahun sekali saat akarnya sekarat atau sudah tumbuh lebih besar.

Cara menanam anggrek sebenarnya tidak membutuhkan banyak langkah. Meski begitu, membuat anggrek berbunga juga tidak bisa dibilang mudah. Sebab jika anda lalai selama perawatan, maka anggrek berpotensi layu dan tidak berbunga. Jadi pastikan anda merawat tanaman ini dengan teliti.