Cara Meredakan Pilek Menggunakan Metode Alami

Saat cuaca dingin dan hujuan, biasanya banyak orang terkena flu dan pilek, karena saat cuca ini virus dan bakteri akan berkembang dengan lebih cepat. Untuk kamu yang saat ini sedang terkena pilek dan ingin mengobatinya dengan metode alami. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menerapkan cara meredakan pilek menggunakan metode alami berikut :

1. Membersihkan Hidung

Cara meredakan pilek pertama adalah dengan membersihkan hidung, cara membersihkan hidung bisa dengan meniup hidung sampai lendir keluar dari hidung. Saat membersihkan lendir dalam hidung sebaiknya menekan hidung dengan lembut, dan menghebuskan lendir dengan kuat. Sebelum membersihkan hidung dengan cara ini, pastikan juga kamu sudah mencuci tangan.

2. Mandi air panas

Mandi air panas juga dapat membantu meredakan pilek. Karena uap air panas yang dihasilkan dapat membersihkan hidung yang tersumbat dan membuat pernafasan menjadi lebih mudah. Saat pilek sabaiknya tidak diperbolehkan mandi air dingin, karena dapat menybabkan suhu tubuh turun secara tiba-tiba dan dapat memperburuk kondisi pilek.

3. Banyak minum air panas

Minum air panas merupakan cara meredakan pilek dengan cukup efektif. Karena minum air panas saat pilek manfaatnya dapat melarutkan dahak, meredakan batuk, dan meredakan sakit tenggorokan. Kamujuga dapat menambahkan beberapa iris jahe atau mencampur madu dan lemon ke dalam secangkir air panas untuk meningkatkan efek pereda pilek.

4. Tinggikan bantal saat tidur

Saat berbaring atau tidur, hidung tersumbat saat pilek cenderung bertambah parah. Oleh karena itu, menambahkan bantal lebih tinggi untuk menempatkan posisi kepala yang lebih tinggi akan membantu kamu bernapas lebih mudah dan lebih nyaman. Sehingga saat pilek dengan bantal yang tinggi dapat memastikan tidur yang lebih baik.

5. Batasi aktivitas berat dan istirahat yang cukup

Saat kamu sedang pilek, serangkaian gejala yang menyertainya akan membuat tubuh kamu menjadi lesu dan sangat lelah.

Namun, ada beberapa orang yang mengabaikan penyakit dan tetap bekerja keras bahkan ketika mereka terinfeksi flu.Terlalu banyak beraktivitas akan membuat penyakit membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dan memiliki risiko tinggi untuk kambuh.

Oleh karena itu, ketika sedang flu, sebaiki batasi aktivitas berat dan luangkan lebih banyak waktu untuk istirahat yang cukup.  Dengan istirahat yang cukup akan membantu tubuh menciptakan lebih banyak energi dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.