5 Metode dan Cara Mengatasi Laptop yang Lemot

Makin lama laptop dipergunakan, tentu saja akan mengalami performa yang makin menurun. Proses loadingnya juga akan melambat dan kinerjanya menjadi lemot.

Akan tetapi kamu tak perlu khawatir dan tak perlu mengganti laptop dengan yang baru. Simak saja ulasan mengenai cara mengatasi laptop yang lemot di bawah ini yang dikutip dari kamusnetizen.com.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Biasanya laptop yang memiliki performa turun, salah satu penyebabnya karena faktor usia. Saat performanya turun maka biasanya akan terjadi kendala, juga saat melakukan aktivitas akan melambat. Bahkan tak jarang pula laptop mengalami lag ataupun freeze.

Dibawah ini adalah cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi laptop lemot secara mudah.

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Tentunya saat kita memiliki laptop, maka akan tergiur untuk mencoba beberapa aplikasi. Namun saat menginstall aplikasi sebaiknya kita juga perlu memperhatikan kapasitas penyimpanan yang tersedia di Drive C.

Jika penyimpanannya terlalu penuh maka akan membuat sistemnya terlalu lama dalam membaca hardisk. Dan inilah yang lama kelamaan akan menjadikan laptop lemot.

Untuk mengatasinya maka kamu bisa mencoba melakukan uninstall aplikasi yang jarang kamu gunakan. Untuk mengetahuinya sebelum dihapus maka kamu cek dulu aplikasi yang jarang dipakai.

Gunakan hanya aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga laptop juga tidak lemot saat digunakan.

2. Gunakan Antivirus

Laptop yang kamu gunakan akan menjadi lemot, salah satunya dikarenakan terkena virus ataupun malware. Dan hal ini juga akan bisa menurunkan performa laptop.

Untuk mengatasi hal ini maka kamu bisa memasang antivirus terbaik untuk menghilangkan virus tersebut. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan update antivirusnya.

3. Gunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Saat kamu akan memiliki laptop maka kamu juga harus tahu terlebih dahulu spesifikasi laptop tersebut. Ini akan membantumu dalam menggunakan aplikasi apa yang akan dimasukkan dan sesuai dengan spesifikasinya.

Jadi sebaiknya kita juga jangan memaksakan kemampuan laptop tersebut. Agar laptop menjadi tak lemot maka kamu bisa menggunakan alternatif dalam memilih aplikasi dengan spesifikasi yang lebih rendah dan tepat.

4. Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup Laptop

Penyebab lainnya yang mengakibatkan laptop lemot yaitu menaruh banyak aplikasi. Namun jika laptop yang kamu gunakan memiliki spesifikasi yang besar maka tentunya hal itu tak masalah.

Sehingga usahakan jangan banyak aplikasi yang berjalan saat laptop startup. Hal ini akan menjadi penyebab laptop menjadi lemot. Ini dikarenakan aplikasi tersebut menjadi working in background. Ini yang akan memakan kapasitas RAM.

5. Reset Ulang Windows

Saat kita memiliki laptop yang umurnya sudah tua tentunya juga akan berpengaruh terhadap kinerja hardware dan software nya. Terutama yang paling sering terpengaruh yaitu pada sistem operasi windows.

Apabila windows tersebut sudah error maka akan menyebabkan kinerjanya jadi tak optimal atau sering crash. Dan apabila keadaannya sudah parah maka kamu perlu untuk melakukan reset ataupun menginstall ulang windows.

Namun kamu juga bisa mengganti sistem operasi windows ke OS lain yang lebih enteng. Misalnya seperti Linux. Saat ini ada banyak sekali OS yang berbasis Linux, kamu pilih saja sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun windows memiliki banyak fitur yang bisa mendukung produktivitas mu namun dengan penggunaan OS yang baru maka diharapkan kinerja laptop jadi lebih baik dan optimal.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi laptop yang lemot. Semoga bisa membantu.