Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Sebagian

Keyboard laptop rusak sebagian bisa diatasi dengan cara berikut ini. Keyboard memang sangat penting fungsinya di laptop, jika rusak jelas mengganggu fungsi laptop keseluruhan.

Namun jangan khawatir, anda bisa mengatasinya dengan cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian berikut ini.

1. Bersihkan Keyboard

Biasanya, keyboard laptop rusak sebagian disebabkan adanya kotoran seprrti debu atau kotoran lainnya yang menempel di dalam keyboard.  Cara membersihkan debu di keyboard laptop cukup mudah.

Coba posisikan miring laptop anda sampai 75 derajat dan lakukan gerakan seperti goyang laptop supaya debu dan kotoran di keyboard hilang. Anda juga bisa gunakan selotip yang masih lengket lalu tempelkan di bagian bagian sela keyboard berdebu.

2. Restart Laptop

Cara kedua mengatasi keyboard mati sebagian, coba untuk merestart laptop. Bisa jadi alasan keyboard mati sebagian karena masalah software. Restart laptop biasanya bisa mengatasinya. Tapi kalau belum bisa, mungkin ada problem pada hardware. Ini perlu dibawa ke teknisi.

3. Restore Windows

Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi lainnya, coba restore Windows. Kemudian otomatis laptop reboot. Kalau kerusakan keyboard disebabkan rusaknya sistem, setelah restore Windows biasanya keyboard akan normal lagi.

4. Perbaiki Driver Keyboard

Keyboard laptop mati sebagian juga bisa karena driver keyboard error. Jadi anda harus pastikan etor tidaknya driver dengan cara ini :

  • Klik Start menu lalu pilih opsi Control Panel

  • lalu  klik System and Security selanjutnya pilih Device manager

  • Selanjutnya, pilih Keyboard dan disitu ada opsi pilihan menu driver.

Ada error jika terdapat tanda segitiga kuning berada di simbol tanda biru.  Untuk menyelesaikannya update driver keyboard pada website resmi vendor laptop anda.