Cara membuat dak beton tidak bocor

Apakah terjadi kebocoran di rumah anda padahal sudah dipassng agap dak beton? Jika demikian ikuti cara membuat dak beton tidak bocor berikut ini.

Atap dak beton memang menjadi atap yang banyak peminat dan digunaian di Indonesia. Ini lantaran atap dak beton bisa dipakai untuk rooftop, pelindung rumah, area semi terbuka, tempat berjemur dan lain lain.

Sayangnya kalau tak proses pengerjaan atap tak dilakukan dentan baik bisa jadi atap dak beton mengalami kebocoran.

Penyebab Atap Dak Beton Bocor

Ada beberapa penyebab dak beton Bocor, diantaranya adalah :

1. Dak Beton Retak

Penyebab atap dak beton bocor bisa disebabkan dak tersebut retak. Konstruksi beton atau plesteran memang agak rawan terjadi retakan. Ini dikarenakan menyusutnya kandungan air atau disebabkan masalah struktural.

2. Daya Serap Air Tinggi

Dak beton bocor bisa juga disebabkan karena daya serap dak beton tersebut terhadap air tinggi lantaran pori pori permukaan beton besar menyebabkan air lebih gampang terserap.

3. Adukan Beton Tak Merata

Adukan yang tak merata saat  proses pembuatan dak beton juga bisa sebabkan adanya gelembung di beton.

Gelembung ini lalu menyebabkan dak berongga saat kering.  Rongga ini menyebabkan air tertahan di dak beton kemudian merembas hingga menyebabkan bocor.

4. Coran Kurang Tebal

Coran kurang tebal juga bisa sebabkan dak beton bocor. Ini biasanya terjadi kafena ketebalan dak beton kurang maksimal. Mungkin demi penghematan anggaran sehingga coranya dikurangi.

Tapi justru hal ini bisa jadi penyebab dak beton gampang bocor tiba musim hujan.

Cara Membuat Dak Beton Tidak Bocor

Nah kalau memang atap dak beton bocor. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membuat dak beton tidak bocor lagi.

Berikut adalah cara membuat dak beton tidak bocor:

1. Bersihkan Permukaan Dak dari Kotoran

Yang pertama, cara untuk membuat dak beton tidak bocor lagi yakni dengan bersihkan seluruh atap dari kotoran. Pastikan bahwa permukaan ini benar benar bersih. Sehingga lapisan waterproofing bisa rekat dengan kuat.

Anda bisa memakai sikat atau kape gagang saat bersihkan dak beton.

2. Terapkan Waterproofing

Setelah bersih, anda bisa terapkan waterproofing memakai bahan dasar

polyurethane. Bersamaan dengan menempel serat fiber waterproof ke semua permukaan dak beton. Kemudian tempelkan fiber dengan cara menekanya memakai roller yang sudah dicepukan ke dalam cat antibocor.

3. Plester Menggunakan Semen

Supaya lapisan antibocor semakin kuat. Anda bisa lakukan pencampuran cairan waterproofing menggunakan plesteran semen. Buatlah lapisan dengan tebal 3 sampai 5 cm supaya dak beton tidak mudah bocor.

4. Gunakan Fungicidal Wash

Kalau di bagian bawah dak beton berjamur lantaran air bocor, anda bisa membersihkanya pakai  fungicidal wash. Cara ini juga bisa cegah plafon ditumbuhi jamur.

5. Aplikasikan Alkali Sealer

Selanjutnya anda juga bisa gunakan alkali sealer. ini akan menjadioan hasil pengecatan tidak belang dan nampak kelihatan lebih rapi.

6. Lakukan Pengecatan

Cara terakhir, lakukan proses  pengecatan  dua kali. Cat pertama dicampuri  air  10%. Dan pengecatan kedua memakai campuran air  20%. Ini dilakukan suoata palfon bersih lagi.

Nah itulah  cara membuat dak beton tidak bocor lagi. Dengan menerapkan cara diatas, maka dak beton akan bebas dari bocor. Kamu juga bisa membaca artikel tentang harga pagar panel precast jika ingin membangun pagar keliling untuk rumah atau bangunan lainnya.