Cara Membersihkan Paru-paru dari Flek

Flek pada paru-paru dengan istilah lain medis nodul paru adalah  sebuah  ga gangguan pada bagian paru-paru di mana terdapat bulatan kecil yang berwarna putih. Ini bisa dilihat dengan bantuan dari hasil CT-Scan.

Sebenarnya, gangguan ini adalah  sesuatu yang normal dan tidak membahayakan asal besarnya kurang dari 3 cm. Yang harus  dicurigai adalah pada saat ukuran  diameternya lebih dari 3 cm dan bentuknya tidak beraturan.

Flek paru-paru yang normal dapat berkembang dikarenakan adanya  pembengkakan  pada jaringan yang berada di paru-paru. Penyebabnya karena beberapa hal seperti tuberkulosis, kanker paru, dan lainnya.  Selain itu, kebiasaan merokok dan faktor usia menjadi  kondisi yang semakin  meningkatkan kemungkinan berkembangnya nodul paru ini.

Perawatan untuk membersihkan flek pada paru-paru dilakukan tergantung dari pada kondisi flek serta tingkat risiko terkena penyakit kanker. Untuk nodul yang tidak bersifat kanker, konsumsi teh hijau bisa menjadi obat alternatif untuk masalah ini. Di dalamnya terdapat epigallocatechin-3-gallate yang berperan sebagai antioksidan. Ini digunakan untuk mengurangi inflamasi pada paru-paru sehingga flek tidak berkembang. Selain teh hijau, makanan yang mengandung zat antiinflamasi juga dapat menjadi obat herbal untuk mengatasi flek paru-paru. Anda  bisa konsumsi sayuran seperti  sayuran hijau, zaitun, buah ceri dan kacang polong.

Konsumsi antibiotik juga menjadi  hal yang disarankan untuk yang masih ringan gejalanya.  Sedangkan untuk nodul yang telah berkembang dan berisiko menjadi sel kanker, maka penderitanya  harus segera melakukan operasi untuk mencegah penyebaran ke bagian tubuh lainnya.