Ingin Tahu Apa Saja Manfaat Bunga Teratai Bagi Kesehatan? Simak Ulasannya Disini

Tanaman teratai yang tumbuh di atas air memiliki bunga cantik dengan jumlah kelopak sekitar 12 buah. Pasalnya, bunga teratai yang terkenal sebagai bunga lotus ini telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan hingga pengobatan tradisional kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur. Yuk cari tahu manfaatnya sebagai berikut.

Manfaat Bunga Lotus Untuk Kesehatan

  1. Menetralkan Gula Darah

Untuk menetralkan gula darah penderita diabetes, dokter umumnya akan menyarankan beberapa jenis makanan tertentu, Meski demikian, teratai ternyata juga memiliki peran penting dalam menyembuhkan penyakit ini karena memiliki kandungan serat dan karbohidrat kompleks pada bagian akarnya.

Anda bisa mengolah tanaman ini menjadi bahan makanan tertentu guna mendapatkan nutrisi yang lebih. Pasalnya, karbohidrat kompleks yang terdapat pada tanaman ini mampu mengelola lonjakan gula darah setelah makan. Terlebih lagi tanaman ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk mengontrol berat badan.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Bunga teratai juga memiliki kandungan zat gizi kalium yang sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Sistem kerja kalium umumnya diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan karena tergolong sebagai elektronik dengan sifat sangat reaktif. Terlebih lagi reaksi ini mampu menghantarkan ion positif yang akan diproses ke seluruh tubuh.

Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh The British Medical Journal dari orami.co.id menunjukkan peningkatan asupan kalium sangat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Bahkan, asupan kalium yang lebih tinggi memiliki tingkat risiko penyakit stroke lebih rendah sebanyak 24%.

  1. Meringankan Peradangan

Peradangan yang dialami setiap orang ditandai dengan sensasi rasa nyeri dan panas. Karena kondisi tersebut, pengobatan tradisional Tiongkok banyak memanfaatkan bunga lotus karena memiliki efek-antiinflamasi yang kuat. Hal ini diketahui dari asal bunga yang memiliki senyawa plumule agar tubuh dapat kembali nyaman.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika dijabarkan, serat kompleks yang dimiliki oleh teratai ternyata juga sangat bermanfaatkan untuk memelihara sistem pencernaan. Keberadaan serat dalam kandungan tanaman ini mampu meningkatkan jumlah bakteri sehingga pengolahan makanan dalam usus menjadi lebih lancar.

Bakteri yang terdapat pada organ usus bahkan juga akan memproduksi berbagai senyawa penting untuk melindungi kesehatan usus. Tak ayal jika tanaman ini juga diolah sebagai bahan makanan karena kandungan serat dan karbohidrat kompleks cukup mampu melindungi sistem pencernaan dengan baik.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Teratai juga dapat dimanfaatkan sebagai suplemen untuk meningkatkan sistem imun tubuh karena kandungan vitamin C yang terdapat pada bagian batang. Pasalnya, kandungan vitamin C pada tanaman ini akan mendorong produksi sel darah putih. Khususnya untuk melindungi kerusakan molekul akibat radikal bebas.

Lebih dari itu, kandungan vitamin C pada tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan luka dalam waktu yang lebih singkat. Terlebih lagi vitamin C bertindak sebagai sistem pertahanan kulit utama sebagai antioksidan. Bahkan sebaliknya, orang yang kekurangan vitamin C seringkali memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik.

  1. Menyeimbangkan Berat Badan

Selain itu, bunga lotus juga bisa dimanfaatkan untuk menyeimbangkan berat badan karena kandungan nutrisi yang dimilikinya. Lazimnya, anda bisa mengkonsumsi ekstrak air dari tanaman ini untuk membantu mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama. Menariknya, ekstrak air yang dihasilkan dari tanaman ini mampu mengurangi lemak tubuh untuk menurunkan berat badan

Informasi terkait manfaat dari tanaman ini pada dasarnya bukanlah suatu hal yang baru lagi. Anda bahkan bisa melihat gambar bunga lotus atau teratai untuk mengamati komponen penting suatu tanaman sekaligus melihat kandungan nutrisi dan fungsi penting dari setiap komponennya.